Negeri Rutong Siapkan Fasilitas Penginapan untuk Wisatawan

Penyambutan adat di Baileo Somalopu Mariri Wai Sumber Foto: rutong.id
Penyambutan adat di Baileo Somalopu Mariri Wai Sumber Foto: rutong.id

AMBON – Bagi para wisatawan jangan hawatir saat berkunjung di Desa Wisata Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon. Di desa tersebut saat ini telah tersedia penginapan di rumah penduduk.

 

Hal itu dikatakan Raja Negeri Rutong Reza Valdo Maspaitella, rumah warga yang dipilih sebagai rumah tumpangan merupakan rumah yang terletak di bagian depan jalan. Dengan desain luar berkonsep tradisional, tetapi dalamnya modern dan tersedia fasilitas untuk menginap.

 

“Homestay ini kami ingin suguhkan kepada wisatawan sensasi tinggal bersama dan membaur dengan warga lokal,” ujarnya, Sabtu (23/9/2023).

 

Rumah tersebut disediakan dua kamar. Selain itu wisatawan juga akan disuguhkan kehidupan keluarga yang ramah.

 

“Percuma kalau rumah bagus tetapi pemilik rumah ribut, turis nanti merasa tidak nyaman. Ke depan pemilik rumah diwajibkan mengikuti pelatihan homestay terlebih dahulu,” katanya.

 

Diketahui, Negeri Rutong masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Desa tersebut juga peraih peringkat ke empat nasional pada ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kategori desa wisata digital dan konten kreatif.

 

 

Selain itu, Negeri Rutong merupakan desa pertama di Provinsi Maluku yang menerapkan digitalisasi melalui platform digital rutong.id. Sebagai bentuk pengembangan desa pintar, negeri Rutong tetap akan mengutamakan adat budaya untuk memajukan perekonomian masyarakat.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *