Pemuda Karang Taruna Diberi Pelatihan Barista

Ilustrasi proses pembuatan kopi. Sumber foto: iStock.
Ilustrasi proses pembuatan kopi. Sumber foto: iStock.

SIDOARJO – Sejumlah 15 pemuda anggota Karang Taruna Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo diberikan pelatihan barista. Kegiatan yang digelar oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk Sales and Operation Region III (SOR III) ini sebagai bagian menghadirkan nilai tambah perekonomian masyarakat.

 

“Mengajak masyarakat, khususnya di Desa Tambak Kalisogo meningkatkan kemampuan dan memberikan edukasi terkait kopi yang nantinya bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitar,” kata General Manager SOR III Edi Armawirai, Rabu (6/9/2023).

 

Edi menyebut digelarnya pelatihan itu merupakan komitmen tanggung jawab sosial dan lingkungan dari PGN SOR III. Kegiatan ini disebut sebagai upaya PGN bersinergi dengan daerah atau desa dan lingkungan sekitar operasi dalam rangka mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) dalam pengelolaan lingkungan.

 

Program Corporate Social Responsibility (CSR) PGN SOR III juga sejalan dengan pengelolaan bisnis perusahaan dengan mengedepankan Environment, Social, Governance (ESG), serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainability Development Goals (SDGs) pilar ketiga, yakni kehidupan sehat dan sejahtera,” ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Tambak Kalisogo Sugeng mengatakan para peserta Karang Taruna antusias dalam mengikuti pelatihan. Mereka diajak untuk berlatih membuat kopi dan mengenal jenis-jenis kopi, seperti arabika, robusta, dan campuran.

 

“Di kesempatan ini juga, peserta diajak untuk berlatih beragam penyajian kopi, seperti menentukan suhu air hingga teknik menyeduh kopi, seperti kopi tubruk, espresso, v60, hingga vietnam drip,” tandasnya.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *