Kades Diberi Edukasi Terkait Pemberdayaan Sumber Daya

Ilustrasi desa mandiri dengan memanfaatkan sektor pertanian Sumber Foto: Istimewa
Ilustrasi desa mandiri dengan memanfaatkan sektor pertanian Sumber Foto: Istimewa

KENDARI – Sebanyak 1.908 kepala desa di Sulawesi Tenggara mengikuti pembekalan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sultra. Pertemuan ini bertujuan untuk mengedukasi para kepala desa soal penatausahaan dan menyamakan persepsi dalam tata kelola pemerintahan desa yang baik.

 

“Tentunya yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan agar mereka dapat membuat program yang relevan sesuai dengan kondisi dari desa tersebut,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio, Senin (4/9/2023).

 

Kegiatan pembekalan melalui rapat koordinasi kepala desa se-Sultra ini berlangsung selama satu hari di Hotel Azizah Kendari. Harapannya, seluruh desa di Sulawesi Tenggara bisa menjadi Desa Mandiri, di mana hingga kini sekiranya sudah terdapat 16 Desa Mandiri di Sultra.

 

“Artinya desa ini sudah bisa mengembangkan desanya dengan memberdayakan sumber daya yang ada di desa itu. Diharapkan ke depan dari desa yang sudah maju berkembang, nanti akan menjadi mandiri,” kata Asrun Lio.

 

Kepala DPMD Sultra, I Gede Panca mengatakan sebanyak 16 Desa Mandiri tersebut telah melampaui target Pemprov Sultra. Ia menyebut target pemprov yakni 15 Desa Mandiri di tahun 2024.

 

“Itu sudah melampaui target, dari segi waktu kita sudah mencapai di 2023 dan dari segi kuantitas juga kita sudah capai sebanyak 16,” ujarnya.

 

Ia mengaku edukasi kepada para kepala desa tetap perlu dilakukan, utamanya tentang tata kelola pemerintahan desa yang baik dari sisi perencanaan, pengelolaan keuangan desa dan ketaatan terhadap peraturan yang berlaku. Sehingga diharapkan nantinya, desa-desa tersebut memiliki tata kelola, perencanaan hingga pelaporan yang bagus.

 

“Kita harapkan dari rapat koordinasi ini teman-teman bisa termotivasi sehingga target dari pemerintah pusat untuk menjadikan Desa Mandiri itu bisa kita lampaui,” tutupnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *