Desa Wisata Adat Arjasa Dapat Kunjungan Tim ETJA 2023

JEMBERDesa Wisata Adat Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember mendapatkan kunjungan dari Tim Assesmen East Java Tourism Award 2023. Kunjungan itu bertujuan untuk melakukan peninjauan dan klarifikasi di beberapa titik daya tarik wisata budaya yang berada di roadmap desa tersebut.

 

“Di antaranya, Situs Calok Dusun Calok Sanggar Seni Putra Barong Dusun Tegalbago, dan Wisata Citra Mandiri Waterpark,” kata Ketua Umum Asosiasi Desa Wisata (ASIDEWI), Andi Yuwono, Minggu (3/9/2023).

 

Ia menjelaskan, maksud dan tujuan penilaian antara lain tentang desa budaya yang merupakan ciri khas Desa Wisata Adat Arjasa. Selain itu, juga mencicipi kuliner khas daerah setempat, yaitu Nasek Ghudug.

 

Dalam kesempatan ini para penilai mengancungi jempol dengan kinerja BUMDes Citra Mandiri dan Pokdarwis Desa Arjasa yang telah berkolaborasi untuk mengembangkan industri kepariwisataan desa. Terutama edukasi wisata yang masih menjadi keunikan dari desa wisata yang ada di Kabupaten Jember.

 

“Saya mengucapkan selamat datang di Desa Wisata Adat Arjasa, beginilah desa kami. Semoga bisa diterima dengan baik dalam East Java Tourism Award 2023 kali ini” ujar Kades Arjasa, Wasi’a.

 

Ia menuturkan peran publikasi melalui media dirasa sangat perlu untuk mengangkat dan mengenalkan potensi desa terutama desa wisata yang ada. Dalam hal ini, ada 3 kategori penilaian, mulai kategori penilaian wisata alam, kategori penilaian wisata buatan, dan kategori penilaian wisata budaya

 

“Adapun kriteria penilaian kategori daya tarik wisata budaya ini meliputi administrasi dan video, aspek pengelolaan destinasi pariwisata berkelanjutan, unsur-unsur daya tarik wisata, mitigasi keamanan dan keselamatan. Kemudian amenitas fasilitas pelayanan umum wisatawan, dampak sosial ekonomi masyarakat lokal, serta penerapan prokes,” terangnya.

 

Diketahui, tim assessment tersebut terdiri atas Wahyu Setiawan, Akademisi ITS, Wachid Mukaidori, Kepala Biro Kompas TV Jatim. Selain itu, Andi Yuwono Ketua Umum ASIDEWI, dan Perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur.

 

Penulis: Habib Az

Editor: Rizal Kurniawan

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *