Lahan Perkebunan Desa Plantau habis Terbakar

BARITO TIMUR – Lahan perkebunan desa dekat pabrik PT Heroes Green Energi di Desa Plantau, Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah terbakar habis. Diketahui kebakaran lahan sudah terjadi selama sepekan dan diperkirakan sudah melahap 20-30 Heltar.

 

 

“Memang benar ada kebakaran lahan di Desa Plantau, ini anggota sudah menuju ke lokasi (kebakaran),” kata Kapolres Barito Timur AKBP Viddy Dasmasela, Selasa (22/08/2023).

 

 

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Barito Hilir Zainal dalam keterangan yang sama mengatakan, kebakaran lahan sampai ke rumah warga. Tim gabungan Manggala Agni dibantu KPHP Barito Hilir dan perusahaan PT HGE langsung memadamkan api.

 

 

Madi yang berdomisili di Desa Plantau mengatakan, kebakaran tersebut berasal dari areal kebun PT HGE menjalar karena gambut dan tanah kering saat musim kemarau.

 

 

Areal hutan sekitar kebun yang banyak terbakar. Karena lahannya gambut, sehingga susah dipadamkan akhirnya menjalar ke areal kebun kami (PT HGE).

 

 

“Kami menggalang kerja sama dengan Manggala Agni, TNI Polri, Polsek Pematang Karau, warga untuk menangani kebakaran hutan dan lahan itu,” demikian Erwin Fahriadi.

 

 

Penulis: Devi arp
Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *