Dukung Irigasi Pertanian, Desa Karang Raja Dapatkan PLTS

MUARA ENIMDesa Karang Raja Muara Enim, Sumatera Selatan mendapatkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk irigasi lahan pertanian. Pembangunan PLTS irigasi merupakan upaya PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

 

Pada kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah menyampaikan apresiasi kepada PTBA. Ia berharap PTBA dapat terus berkontribusi untuk pembangunan berkelanjutan.

 

“Para petani saudara-saudaraku sekalian, saya sangat memahami betapa sulitnya ketika kita bergantung pada sumber daya air. Saya sangat berharap PLTS ini dijaga betul, kita harus merawatnya sehingga betul-betul berkelanjutan,” kata Ahmad Usmarwu Kaffah, Minggu (20/8/2023).

 

Untuk diketahui, PLTS Irigasi di Desa Karang Raja mulai dibangun pada 16 September 2021 dan mulai beroperasi pada 14 Februari 2023. Terdiri dari 76 modul yang masing-masing berkapasitas 500 Wattpeak (Wp), total kapasitas PLTS mencapai 38 Kilowatt peak (kWp).

 

Listrik yang dihasilkan PLTS mampu menghidupkan 2 unit pompa irigasi berkapasitas 20 liter per detik dengan head mencapai 35 meter. Pompa menyedot air sungai sejauh 1,29 kilometer (km) ke bak reservoir yang kemudian didistribusikan ke sawah warga seluas kurang lebih 35 hektare.

 

Berkat adanya PLTS untuk irigasi, para petani di Desa Karang Raja kini bisa panen 2-3 kali dalam setahun. Sebelumnya, petani mengandalkan sawah tadah hujan sehingga hanya bisa panen 1 kali dalam setahun.

 

Dengan hadirnya PLTS Irigasi, hasil tani berpotensi meningkat hingga 175 ton Gabah Kering Giling (GKG) per tahun. Tak hanya di Desa Karang Raja, PTBA telah membangun PLTS irigasi di 5 titik lokasi lain.

 

Meliputi, Talawi Mudik (Sawahlunto, Sumatera Barat), Trimulyo (Pesawaran, Lampung), Tanjung Raja (Muara Enim, Sumatera Selatan), Nanjungan (Lahat, Sumatera Selatan), dan Rejosari Mataram (Lampung Tengah, Lampung) dengan total kapasitas terpasang 6 PLTS irigasi ini mencapai 192 kWp.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *