Desa Beriga Dilirik Investor Untuk Dibangun Proyek PLTT

Bangka Belitung – Pj Gubernur kepulauan bangka Belitung, Suganda Pasaribu menyampaikan bahwa PT Thorcon Power Indonesia menyatakan ketertarikannya untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Thorium (PLTT). Hal itu rencananya akan dibangun di Desa Beriga, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Tengah.

 

“Kita sudah membawa pihak PT Thorcon Power Indonesia, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), mengecek lokasi pembangunan PLTT tersebut,” kata Pj Gubernur kepulauan bangka Belitung, Suganda Pasaribu, Sabtu (28/7/2023).

 

Suganda menjelaskan, pada dasarnya pihak PMA itu meliki ketertarikan setelah melihat letak geografis daerah tersebut yang aman dari bencana alam terutama gempa.

 

“Namun perlu kami sampaikan bahwa kami hanya sebagai mediator dan fasilitator saja, implementasinya nanti tergantung minat para investor dan dukungan masyarakat setempat,” ujarnya.

 

Menurutnya, pembangunan PLTT bisa dilangsungkan apabila warga sekitar sudah setuju semua dan prosedur hukum serta setandardisasi proyek sudah sesuai dengan yang diajukan Bapeten.

 

“Kita baru sebatas meninjau titik pembangunannya saja, masih dalam perencanaan dan membangun PLTT butuh waktu lama karena memerlukan kajian lebih mendalam dengan melihat berbagai aspek,” katanya.

 

Manager Bapeten, Sugeng mengatakan, bahwa ada dua tempat yang diajukan untuk PLTT, yakni Bangka Tengah dan Kalimantan.

 

“Dua tempat ini dipilih karena tidak ada gempa atau bencana alam lainnya, sumber daya berlimpah dan pastinya luas sehingga bisa kita bangun sesuai kriteria,” ujarnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *