Satgas TMMD Sarmi Dorong Produktivitas Pertanian Warga Desa

Dinas pertanian Pemkab Sarmi memberikan pelatihan dan sosialisasi bercocok tanam kepada masyarakat di Kampung Wakde Kamis (20/7/2023). Sumber foto: Humas Pemkab Sarmi

SARMI – Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 di Desa Wakde, Distrik Pantai Timur, Kabupaten Sarmi, Papua mulai menggencarkan program bidang pertanian. Dengan demikian, warga desa dapat meningkatkan hasil produk pertanian berkualitas secara berkesinambungan.

 

“Sehingga, hasil pertanian mereka bisa meningkat,” kata Dansatgas TMMD Emanuel Setyo Kristiawan, pada Kamis (20/7/2023).

 

Dalam hal ini, Pihaknya menggandeng Dinas Pertanian Pemkab Sarmi, warga diajarkan cara bercocok tanam yang baik dan benar.

 

Dansatgas menilai, selain sosialisasi terkait cara bercocok tanam, pihaknya juga menghimbau Dinas Pertanian untuk mengajak masyarakat di lokasi TMMD tersebut untuk langsung terjun ke lahan pertanian yang sudah disediakan.

 

“Jadi, warga juga bisa melakukan (praktek, red) secara langsung,” pungkasnya.

 

Sementara itu, Dinas Pertanian Pemkab Sarmi mengirimkan tujuh orang pegawainya ke lokasi TMMD 117 di Desa Wakde, Distrik Pantai Timur, Kabupaten Sarmi, Papua, Kamis (20/7/23).

 

Setiba di lokasi tersebut, para pegawai Dinas Pertanian diminta untuk memberikan pembekalan terkait tata cara bercocok tanam ke masyarakat.

 

Korneles Bofen selaku Ketua Tim dari Dinas Pertanian Pemkab Sarmi mengatakan jika pihaknya telah menyediakan beberapa macam bibit pertanian dan perkebunan yang nantinya akan diberikan pada warga.

 

“Bibit-bibit itu kita jadikan contoh selama proses pembekalan pertanian dan berkebun di lokasi TMMD,” kata Bofen.

 

Bofen berharap, dengan adanya penyuluhan yang ia lakukan bersama Tim Satgas TMMD Kodim 1712/Sarmi, nantinya bisa mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan di Desa Wakde.

 

“Harapannya, warga bisa mengembangkan potensi pertanian di desa ini. Sangat disayangkan kalau potensi pertanian dan perkebunan di Desa Wakde tidak bisa berkembang dengan baik,” tutupnya.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *