Pokdarwis Desa Wayau Tabalong Kembangkan Wisata Lokal

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Wayau, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengembangkan wisata lokal. Sumber foto: mediacenter.palangkaraya.go.id
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Wayau, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengembangkan wisata lokal. Sumber foto: mediacenter.palangkaraya.go.id

 

TABOLANG – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Desa Wayau, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mengembangkan wisata lokal dengan memperluas berbagai layanan pendukung dan infrastruktur. Ketua Pokdarwis Desa Wayau Suriansyah mengatakan wisata Desa Wayau Tanjung Utara (Dewata) kini telah memiliki gazebo, mushala dan sarana lomba burung.

 

 

“Tempa wisata Dewata kita bangun secara swadaya dan kerap menjadi lokasi lomba burung berkicau,” ujar Suriansyah di Tabalong, Minggu (25/06/2023).

 

 

Sebagai Dewan Pembina Pokdarwis, Ahmad Helmi berharap wisata dengan pemandangan sungai dan perkebunan ini dapat membantu warga Desa Wayau. Terutama bermanfaat untuk bisnis kecil dan menengah lokal, agar menjadi lebih kaya.

 

 

Tahun ini, dana desa akan digunakan untuk membangun sarana pendukung seperti parkir di lokasi wisata dan jalan masuk. Selain itu, Pemkab Tabalong akan mendapatkan dukungan dari dana desa melalui APBD Kabupaten 2023 untuk memperbaiki jembatan yang menuju tempat wisata.

 

 

Kepala Desa Wayau Masrani meresmikan kembali wisata Dewata dengan kontes burung berkicau ini. Diharapkan puluhan peserta dari luar Tabalong akan lebih mempopulerkan wisata alam Desa Wayau dan memberi kontribusi kepada desa.

 

 

Sebagai infromasi, Saat ini ada 28 Pokdarwis di Kabupaten Tabalong yang membantu pertumbuhan industri wisata, dan 22 dari mereka menerima dana stimulan sebesar Rp500 ribu setiap bulan dari Pemkab Tabalong

 

 

Penulis: Devi arp

Editor: Mukhlis

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *