Satu Desa di Jambi Belum Teraliri Listrik

Ilustrasi tiang listrik, Sumber foto: freepik. Com
Ilustrasi tiang listrik, Sumber foto: freepik. Com

Jambi – Dinas ESDM Provinsi Jambi melaporkan masih terdapat satu desa di Provinsi Jambi yang belum teraliri listrik. Yaitu Desa Renah Kayu Embun, Kecamatan Kumun Debai, Kota Sungaipenuh.

 

“Untuk Desa Renah Kemumu dan Koto Rawang tahun kemarin sudah masuk jaringan, jadi tinggal tiga desa lagi. Dari tiga desa tersebut pun ada dua, Desa Air Liki dan Desa Air Liki Baru, sudah menggunakan PLTMH. Jadi yang belum sama sekali adalah Desa Renah Kayu Embun di Kota Sungaipenuh,” kata Tandry Adi Negara, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi, Minggu (18/6/2023).

 

Tandry menjelaskan, sebelumnya data awal 2023 di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jambi, masih ada lima desa yang belum dialiri listrik. Yaitu Desa Renah Kemumu, Desa Koto Rawang, Desa Air Liki, Desa Air Liki Baru dan Desa Renah Kayu Embun.

 

Tandry juga menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi bersama PLN Jambi dan PLN di wilayah Lampung dan Bengkulu agar desa-desa yang belum mendapat aliran listrik khususnya Desa Renah Kayu Embun bisa masuk program Listrik Masuk Desa.

 

“Kita selalu komunikasi baik di PLN Jambi dan PLN wilayah lain,” ujarnya.

 

Tandry juga mengakui, memang sebagain listrik belum sepenuhnya masuk ke dusun-dusun atau pun ke tingkat RT. Tetapi kalau berbicara skala desa sudah teraliri semua tinggal satu desa yang belum yaitu Desa Renah Kayu Embun di Kota Sungaipenuh.

 

“Saat desa-desa itu belum dialiri listrik, di sana menggunakan PLTS namun seiring perkembangan waktu jaringan itu sudah masuk ke desa-desa. Sehingga PLTS yang ada sudah tidak berfungsi lagi karena lebih efektif menggunakan kekuatan daya ada di PLN,” ungkapnya.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *