Warga Binaan Lapas dan Kelurahan Samofa Kolaborasi Bangun Booth UMKM

Kolaborasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Biak Numfor dan Pemerintah Kelurahan Samofa dilakukan pengerjaan Booth Container UMKM. Sumber : rri.co.id
Kolaborasi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Biak Numfor dan Pemerintah Kelurahan Samofa dilakukan pengerjaan Booth Container UMKM. Sumber : rri.co.id

Kolomdesa.com, Biak Numfor – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B bersama Pemerintah Kelurahan Samofa melakukan kerja sama dalam pembangunan Booth Container UMKM yang dikerjakan oleh warga binaan Lapas. Kolaborasi ini merupakan bagian dari program asimilasi yang memberdayakan warga binaan untuk berkontribusi pada pembangunan wilayah Samofa.

“Ini merupakan bentuk kerjasama yang sangat mendukung dan positif karena di sini potensi warga binaan dimanfaatkan dan kegiatan ini juga tindak lanjut bersama Kepala Distrik mengadakan rapat atau pertemuan dimana dalam pertemuan itu kita akan menjalin kerjasama secara rutin khususnya , di bidang lkebersihan lingkungan,” kata Kepala Lapas Kelas II B Biak, Budi Suharto, Selasa (15/10/2024).

Ia menambahakan bahwa kegiatan tersebut melibatkan 8 warga binaan dengan keterampilan pengelasan. Sedangkan jumlah total warga binaan di Lapas saat ini mencapai 108 orang.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Samofa, Sofyan Korwa menyampaikan bahwa pembangunan Booth Container UMKM ini bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dengan memanfaatkan lahan yang tersedia sebagai area UMKM. Ia berharap Lapas Kelas II B Biak terus mendukung dan melibatkan warga binaan dalam proyek ini.

“Tujuannya saya di Kelurahan Samofa karena ada kurang lebih 400 orang pengangguran di Kelurahan Samofa, terus ada anak-anak yang putus sekolah, ada janda duda, dan ini ada keluhan-keluhan masyarakat yang selalu mengeluh tentang tidak mendapatkan bantuan dan lain sebagainya. Maka keluhan-keluhan ini harus kita tindak lanjuti dengan mencari sumber-sumber pendapatan yang nantinya dapat kita olah untuk mewujudkan sekolah gratis dari sumber PAD,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lapas Kelas II B Biak dan berharap kerja sama ini dapat menghasilkan pembangunan Booth Container yang sesuai harapan.

Penulis : Roman
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *