Tiga Desa di Sulsel Raih Penghargaan LDWN 2024

Penyerahan sertifikat penghargaan LDWN oleh Sekjen Kemendesa PDTT,Taufik Madjid. Sumber: regional.kompas.com
Penyerahan sertifikat penghargaan LDWN oleh Sekjen Kemendesa PDTT,Taufik Madjid. Sumber: regional.kompas.com

Kolomdesa.com, Sulawesi Selatan – Sejumlah tiga desa di Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih penghargaan pada ajang Lomba Desa Wisata Nusantara (LDWN) 2024 yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT. Ketiga desa tersebut yakni Desa Mattabulu, Tompobullu, dan Tukamasea.

“ini merupakan momentum penting untuk memperkuat program pembangunan berbasis pariwisata,” ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (dpmd) Sulsel, Andi Akbar, Senin (30/9/2024).

Menurut Andi, ketiga desa yang memperoleh penghargaan juara terdiri dari kategori yang berbeda. Kendati demikian, Andi menyebut penghargaan itu merupakan bentuk capaian yang harus diapresiasi.

“Desa Mattabulu,meraih penghargaan peringkat 10 desa tertinggal, Desa Tompobulu, dan Tukamasea meraih 10 dan 12 besar penghargaan Desa Maju,” sebut Andi.

Andi mengatakan, menjelaskan ketiga desa yang memperoleh penghargaan itu akan mendapat perlakuan berbeda. Hal ini karena sudah memberikan nama baik bagi Sulsel.

“Kami akan terus berkomitmen mendukung penuh pengembangan desa wisata masing-masing desa di Sulsel. Terutama yang berhasil mengharumkan nama Sulsel,” kata Andi.

Sebab, Andi menyebut bahwa penghargaan yang diberikan oleh Kemendes PDTT merupakan petunjuk terkait potensi yang dimiliki. Ia menjelaskan, potensi tersebut akan terus didampingi oleh Pemda.

“Kegiatan LDWN 2024 ini menjadi pendorong agar desa semangat terus berinovasi dalam mengembangkan wisata,” tutur Andi.

Andi mengatakan, bentuk pendampingan yang akan dilakukan kepada desa yang memiliki potensi itu nantinya akan dikemas dalam bentuk pelatihan. Seluruh Sumber Daya Manusia, di desa akan diberi pelatihan mengenai pemanfaatan potensi desa.

“Pelatihan SDM, peningkatan infrastruktur, dan penguatan promosi wisata akan kita lakukan,” lanjutnya.

Bukan hanya pembinaan untuk pengembangan wisata, program inovatif yang menjadi rencana desa juga terus mendapat dukungan guna menjadi contoh bagi desa lainnya.

“Inovasi juga akan dikembangkan di desa wisata guna memberi contoh desa lainnya,” pungkas Andi.

Diketahui kegiatan penghargaan LDWN 2024 digelar di Bali. Dalam agenda itu, turut dihadir Menteri Desa PDTT, Pjs Bupati Pangkep, Wakil Bupati Soppeng, Kepala Dinas PMD Soppeng, dan Kadis PMD Maros.

Penulis: Fuji
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *