Hari Jadi Desa ke-37, Warga Darungan Berebut Gunungan Hasil Bumi

Berebut gunungan di Festival Ketan Lumajang. Sumber : Nur Hadi Wicaksono/detikJatim

Kolomdesa.com, Lumajang – Desa Darungan, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, tampak ramai oleh kerumunan warga yang antusias berebut 3 gunungan hasil bumi yang terdiri dari sayur-mayur dan buah-buahan.

Acara ini digelar sebagai bagian dari perayaan rutin Hari Jadi Desa Darungan yang ke-37.

“Tadi dapat kue dapat sayuran dan buah buahan. Meskipun tadi berdesakan dengan lainnya tapi perasaannya senang,” ujar salah satu warga Sri Bawon kepada detikJatim, Minggu (29/9/2024).

Sri mengungkapkan kegembiraannya setelah berihasi mendapatkan beberapa makanan. Tak butuh waktu lama, 3 gunungan hasil bumi serta 1.000 tumpeng ketan ini langsung ludes diperebutkan warga yang memadati lokasi.

Selain gunungan hasil bumi, warga juga berlomba untuk mendapatkan 1.000 tumpeng ketan berisi berbagai olahan makanan berbahan dasar beras ketan, seperti lepet, rengginang, lemper, enten-enten, rangin, dan onde-onde.

Sementara itu Adi Sucipto, Ketua Panitia Festival Ketan, menjelaskan bahwa acara ini bukan hanya untuk merayakan hari jadi desa, tetapi juga sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas melimpahnya hasil panen. Selama ini, Desa Darungan merupakan sentra penghasil beras ketan di kabupaten Lumajang.

“Festival ketan ini digelar untuk memperingati hari jadi Desa Darungan serta sebagai ungkapan rasa sayukur atas hasil panen,” ujar Ketua Panitia Festival Ketan Adi Sucipto.

Sebelum diperebutkan, gunungan hasil bumi berupa sayuran dan buah buahan serta 1.000 tumpeng ketan tersebut diarak keliling kampung dari Dusun Rekesan hingga berakhir di Balai Desa Darungan.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *