Desa Taro Raih Prestasi pada Ajang LDWN 2024 oleh Kemendes PDTT

Desa Wisata Taro raih juara 1 Lomba Desa Wisata Nusantara 2024. Sumber foto : BaliTribune
Desa Wisata Taro raih juara 1 Lomba Desa Wisata Nusantara 2024. Sumber foto : BaliTribune

Kolomdesa.com, Gianyar – Dalam ajang lomba Desa Wisata Nusantara, Desa Wisata Taro di Kabupaten Gianyar mencatatkan prestasi gemilang dengan menjadi Juara Satu yang diadakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Trasmigrasi.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Menteri Desa dan di terima langsung oleh Perbekel Taro, I Wayan Warka, dan didampingi Ketua Pokdarwis, I Wayan Gede Ardika, serta Kadis PMD Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi, Sabtu (28/9/2024).

I Wayan Warka, Perbekel Desa Taro, mengungkapkan, keberhasilan desa tidak lain dari peran masyarakat dan Pokdarwis Desa Taro dalam menjaga warisan budaya seperti Lembu Putih, serta mempromosikan potensi alam dan budaya setempat kepada dunia internasional.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras semua pihak, dan saya harap Desa Taro dapat menjadi contoh bagi desa lain dalam hal pelestarian budaya dan pengelolaan wisata berbasis masyarakat,” bangganya.

Wayan menambahkan, semakin kuat desa Wisata Taro dengan posisinya sebagai destinasi wisata unggulan dngan memperkuat pelestarian budaya dan kearifan lokal. Sementara nasyarakat Desa Taro bersama Pokdarwis dan Pemerintah Daerah Gianyar terus berkomitmen untuk mempertahankan prestasi ini dan mengembangkan potensi desa lebih lanjut.

“Di setiap Banjar, hampir semuanya memiliki fasilitas penginapan wisatawan yang berkunjung, dengan konsep pemberdayaan penginapan dikelola di rumah tangga masing-masing,” contohnya.

Disisi lain dari fasilitas yang di dukung, termasuk menikmati wisata kunang kunang dan cooklling kelas / belajar khusus maskahan khas Bali di Banjar Patas kini juga semakin diminati wisatawan mancanegara. Maka dengan berkembangnya pariwisata di hampir 14 Banjar yang ada di Desa Taro ke depan diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan lokal dan mancanegara melalui program-program wisata baru yang terus dikembangkan.

“Dengan dukungan infrastruktur yang baik, Desa Wisata Taro akan menjadi salah satu destinasi wisata berkelas dunia yang tetap menjaga keaslian budaya dan kearifan lokalnya,” harapnya mengakhiri.

Penulis : Fais
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *