Site icon Kolom Desa

Pemdes Loloanaa Salurkan BLT Dana Desa

Pj. Kepala Desa Loloanaa, Lolomoyo Aroziduhu Zega, bersama Ketua BPD Desa Loloanaa Lolomoyo Yatieli Zega. Sumber: rri.co.id

Pj. Kepala Desa Loloanaa, Lolomoyo Aroziduhu Zega, bersama Ketua BPD Desa Loloanaa Lolomoyo Yatieli Zega. Sumber: rri.co.id

Kolomdesa.com, Gunungsitoli – Pemerintah Desa Loloanaa, Kecamatan Gunungsitoli Utara Kota Gunungsitoli menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa. Penyaluran tersebut berdasarkan musyawarah desa khusus.

Pj. Kepala Desa Loloanaa, Lolomoyo Aroziduhu Zega, mengatakan bahwa tahun 2023, hanya 30 keluarga penerima manfaat (KPM) yang dapat menerima BLT DD tersebut. Namun setelah dilakukan musyawarah desa khusus oleh BPD bersama Pemerintah Desa Loloanaa Lolomoyo, maka bertambah menjadi 50 KPM.

“BLT DD 2024 dibayarkan secara tunai sebesar Rp300 ribu, per KPM perbulan dan sesuai data bahwa DD tahun ini sudah disalurkan untuk bulan Januari hingga Juni 2024,”ujar, Aroziduhu, Kamis (26/9/2024).

Ia menjelaskan, bahwa penetapan penerima BLT DD ini dilakukan berdasarkan perangkingan bagi masyarakat miskin di Desa Loloanaa Lolomoyo. Menurutnya, masih ada warga yang layak menerima BLT tersebut namun karena anggarannya telah dibatasi maka hanya 50 KPM saja yang dapat menerima.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Loloanaa, Yatieli Zega, menyampaikan bahwa penerima BLT DD 2024 di desanya ditetapkan sesuai kriteria dan diutamakan warga yang benar-benar membutuhkan utamanya yang kehilangan mata pencaharian dan yang sakit.

“Masih ada warga yang layak menerima BLT DD tersebut di desa Loloanaa Lolomoyo, namun tidak dapat dicari solusi oleh BPD dan Pemerintah desa karena BLT tersebut hanya 20 persen dari dana desa,” ujarnya.

Ia menyampaikan akan tetap berupaya bersama pemerintah desa untuk mencari solusi sehingga keluarga miskin yang belum menerima BLT DD di Desa Loloanaa Lolomoyo dapat menerima bantuan sosial lainnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version