Warga Desa Poopo Gotong Royong Bersihkan Bak Air

Warga Desa Poopo bersama TNI gotong Royong membersihkan bak penampungan air bersih. Sumber: journaltelegraf.pikiran-rakyat.com.
Warga Desa Poopo bersama TNI gotong Royong membersihkan bak penampungan air bersih. Sumber: journaltelegraf.pikiran-rakyat.com.

Kolomdesa.com, Bolaang Mongondow – Warga Desa Poopo, Kecamatan Passi Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow bergotong-royong untuk membersihkan bak penampungan air. Kegiatan tersebut dilakukan mendapat bantuan dari TNI.

“Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI,” ucap PasIter Kodim 1303/BM, Kapten Czi Sardi Mamonto, Senin (23/9/2024).

Menurut Kapten Sardi, dalam agen itu juga diikuti oleh jajaran Polsek Passi. Sehingga saat kegiatan bersih-bersih berlangsung begitu terlihat heboh, dan kompak.

“Kegiatan ini juga diikuti oleh Kapolsek Passi, Iptu Khalim, serta Kades Poopo, dan Sekdes Desa Poopo, Iptu Moonik yang berlangsung dengan santai dan serius, sehingga kita begitu akrab,” ujar Kapten Sardi.

Sardi menjelaskan, kegiatan bersih-bersih bak air milik warga yang berada di atas bukit. Jarak dari perumahan warga, kurang lebih sepanjang 2 kilometer (km).

“Fokus pembersihan dilakukan di lokasi bak induk sumber mata air, dan dilanjutkan sepanjang aliran air, yang mengarah ke rumah warga,” jelas Kapten Sardi.

Kapten Sardi menjelaskan, kegiatan yang berlangsung bukan sekedar kerja bersama seluruh instansi di Desa Poopo. Namun, kegiatan ini merupakan komitmen seluruh individu dalam menjaga keberadaan air agar tetap bersih dan sehat.

“Air merupakan sumber daya vital bagi kebutuhan sehari-hari, sehingga perlu untuk dirawat,” ujar Kapten Sardi.

Sementara itu, Sekretaris Desa Poopo Yolla Moonik mengatakan kegiatan bersih-bersih bak air yang bertepatan dengan HUT TNI sangat membantu warga. Menurutnya, bak air yang digunakan untuk menampung air bersih, sudah saatnya dibersihkan.

“Dengan adanya kegiatan yang diinisiasi TNI sehingga pembersihan bak penampungan air bersih menjadi ringan, karena dilakukan banyak orang,” ungkap Yolla.

Yolla mengatakan, dengan dibersihkan bak penampungan air bersih di desanya. Dirinya, serta warga yang lainnya tidak khawatir keracunan saat minum airnya.

“Wadahnya sudah bersih, sehingga airnya menjadi aman untuk digunakan konsumsi maupun kebutuhan lainnya,” jelas Yolla.

Menurut Yolla, setelah kegiatan bersih-bersih yang diinisiasi oleh TNI. Kedepan, Pemdes Poopo akan menjadwalkan kegiatan bersih-bersih bak ait bersama warga.

“Nantinya Pemdes Poopo bersama warga setempat akan melakukan bersih-bersih bak penampungan air bersih secara rutin, dan terjadwal,” pungkas Yolla.

Penulis: Fuji
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *