Site icon Kolom Desa

Usai Teraliri Listrik, Desa Idas Berpotensi akan Lebih Produktif

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurahman saat foto bersama didepan rumah warga usai peresmian listrik di Desa Idas, Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurahman saat foto bersama didepan rumah warga usai peresmian listrik di Desa Idas, Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Sanggau – Desa Idas, Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat berhasil teraliri secara merata hingga seratus persen. Hal itu diyakini akan menambah produktivitas ekonomi masyarakat setempat, dalam memanfaatkan daya listrik menjadi beragam sumber penghasilan.

“Alhamdulillah, puji syukur untuk Kabupaten Sanggau, desanya sudah 100 persen berlistrik. Artinya ibu kota perdesaan itu semuanya rata-rata sudah 100 persen, namun memang harus kita akui bahwa masih ada dusun-dusun yang belum berlistrik. Tinggal itu nanti kita perjuangkan bersama,”kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Maman Abdurahman, Senin (23/09/2024).

Abdurahman mengatakan, khusus Kapuas Hulu, selain listrik desa juga butuh tambahan daya. Karena pasca disahkan nya, keluarnya Permendag terkait penjualan resmi keratom akan mendorong percepatan para petani di Kapuas Hulu untuk bisa memproduksi keratom.

Salah satu kebutuhan untuk mempercepat produksinya adalah tambahan daya listrik.

“Nah ini kita mau diskusi lagi dengan PLN, karena beberapa hari yang lalu saya menerima aspirasi dari asosiasi dan kelompok petani keratom, mereka menyampaikannya,”ujarnya.

Abdurahman mengungkapkan bahwa akan berusaha untuk mencari solusinya. Ada dua langkah, pertama adalah membangun pembangkit listrik, tetapi butuh waktu dan proses, perijinan dan birokrasi di pusat.

“Saya hitung itu bisa makan waktu kurang lebih satu sampai dua tahun. Sedangkan kebutuhannya mendesak, nah kita melihat ada solusi jangka pendek yang bisa kita lakukan percepatan yaitu menaikkan kontrak kita dengan sesco di Malaysia. Saya akan coba dorong, itu akan domainnya komisi VII dengan Kementrian ESDM dan PLN,”ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa hal tersebut bertujuannya agar saudara-saudara di Kapuas Hulu bisa segera mendapatkan tambahan daya listrik dan mereka bisa meningkatkan volume produksi keratom. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyaraka.

Sementara itu, PJ Bupati Sanggau Suherman mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurahman dan juga PT PLN berserta jajaran, dimana Kabupaten Sanggau mendapatkan perhatian untuk pemasangan listrik PLN.

“Ini menjadi berkah bagi saya, karena pas saya menjabat PJ Bupati Sanggau, 100 persen desa sudah teraliri listrik. Atas nama masyarakat Kabupaten Sanggau sekali lagi mengucapkan terima kasih,”ungkapnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Exit mobile version