Dua Kades PAW di Gorontalo Resmi Dilantik

Penyematan pin kepada kepala desa terlantik oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Sumber: gorontalo.tribunnews.com.
Penyematan pin kepada kepala desa terlantik oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Sumber: gorontalo.tribunnews.com.

Kolomdesa.com, Gorontalo – Kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) di Kabupaten Gorontalo, yakni Kepala Desa Buhu dan Botumoputi resmi dilantik. Kegiatan pelantikan tersebut langsung dilakukan oleh Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo.

“Kepala Desa yang sudah dilantik, ayah berpesan hendaknya bekerja dengan baik,” ujar Nelson, Sabtu (21/9/2024).

Menurut Nelson, kepala desa merupakan salah satu ujung tombak berjalannya pemerintahan yang ada di desa. Keseriusan dan komitmen Kades tentu menjadi salah satu tolak ukur kemajuan desa.

“Sebagai ujung tombak kemajuan pembangunan desa, kepala desa tentu harus bekerja keras agar menjadi ideal,” kata Nelson.

Menurut Nelson, Kades yang telah dilantik hendaknya tidak perlu khawatir melakukan kegiatan. Menurutnya, anggaran tahun 2023, masih dapat digunakan untuk menunjang keperluan di desa.

“Anggaran DD bulan Desember tahun 2023 akan kita cairkan untuk memenuhi kebutuhan desa agar lancar dalam melaksanakan kegiatan,” bebernya.

Nelson mengatakan, kepada seluruh Kades yang sudah dilantik saat ini agar menyiapkan kebutuhan prioritas terlebih dahulu. Terpenting, Kades harus secepatnya membuat membuat proposal rencana anggaran DD.

“Usulan kebutuhan anggaran itu yang harus segera dibuat agar pencairannya juga berlangsung cepat,” jelasnya.

Nelson menjelaskan, untuk pencairan dana desa sendiri memang ada ketentuannya. Anggaran DD, menurut Nelson itu satu tahun masa kerja.

“Untuk pencairannya itu ya misal pengusulan Bulan Desember, nanti akan usulan akan disetujui dan cair Bulan Desember berikutnya,” sebut Nelson.

Nelson menyebutkan, kepala desa tidak perlu berpikir panjang dalam menentukan anggara. DD miliaran rupiah, menurut Nelson sudah siap untuk menutup kebutuhan operasional desa.

“DD sudah siap, dananya sebesar enam miliar,” pungkas Nelson.

Penulis: Fuji
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *