Dorong Produktifitas Pertanian, Warga Desa Karangpatihan Terima Bantuan Pupuk

Penyerahan bantuan dari Pupuk Indonesia kepada warga disabilitas intelektual dan kelompok tani desa setempat.
Penyerahan bantuan dari Pupuk Indonesia kepada warga disabilitas intelektual dan kelompok tani desa setempat. Sumber : Endra Dwiono/Beritajatim.com

Kolomdesa.com, Ponorogo – Warga Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, mendapatkan bantuan dari Pupuk Indonesia berupa 1,5 ton pupuk Phonska Plus, 0,5 ton ZA Plus, 10 unit elektrik sprayer, 40 ekor kambing senilai Rp100 juta, dan peralatan batik ciprat senilai Rp10 juta.

Bantuan ini ditujukan untuk mendukung kelompok produktivitas petani serta warga disabilitas intelektual di desa tersebut.

“Dengan tanah yang berkualitas, hasil tanaman akan lebih baik, dan ini sangat penting bagi kesehatan warga, terutama ibu hamil, sehingga dapat melahirkan anak-anak yang sehat secara mental,” ungkap Kepala Desa Karangpatihan, Eko Mulyadi. Senin (21/9/2024).

Eko menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pupuk Indonesia. Menurutnya, kandungan zinc (Zn) pada pupuk Phonska Plus akan berdampak positif pada kualitas tanah dan hasil pertanian di desanya. Program ini diharapkan bisa membantu memperbaiki gizi masyarakat, khususnya ibu hamil, untuk mencegah disabilitas intelektual yang disebabkan oleh gizi buruk.

Namun, dengan program yang digagas oleh Pupuk Indonesia, diharapkan rantai disabilitas intelektual tersebut bisa terputus melalui perbaikan kualitas makanan yang dihasilkan dari tanah yang lebih subur dan sehat.

“Pemenuhan gizi oleh program Pupuk Indonesia ini, dengan adanya unsur Zn, kita perbaiki tanaman masyarakat. Sehingga nanti akan menghasilkan makanan yang berkualitas. Ketika dikonsumsi warga yang hamil, terputuslah mata rantai disabilitas intelektual itu,” katanya.

Desa Karangpatihan sendiri dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki warga dengan disabilitas intelektual. Pada 2008, tercatat ada sekitar 300 orang dengan tunagrahita. Berkat berbagai upaya, termasuk perbaikan gizi dan program pemberdayaan masyarakat, jumlah tersebut berhasil ditekan menjadi 98 orang pada 2024.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi, menjelaskan bahwa pupuk Phonska Plus mengandung zinc (Zn), yang sangat baik untuk kesehatan otak dan saraf.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu warga, terutama dalam memenuhi kebutuhan gizi melalui hasil pertanian yang lebih baik,” kata Rahmad, Sabtu (21/9/2024).

Ia menjelaskan bahwa kesehatan mental sangat berkaitan dengan asupan gizi yang baik, dan Pupuk Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi pada kedaulatan pangan sekaligus kecerdasan bangsa melalui produk pupuk yang diproduksi.

Rahmad juga menyampaikan bahwa hasil penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa banyak tanah di Indonesia kekurangan unsur zinc, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan saraf. Oleh karena itu, sejak tahun 2016, Pupuk Indonesia meluncurkan produk Phonska Plus dengan kandungan Zn untuk mendukung pertanian yang lebih sehat dan berkualitas.

“Dari penelitian itu, pada tahun 2016 kita keluarkan produk pupuk Phonska Plus, yang di dalamnya ada kandungan Zn. Diharapkan, Pupuk Indonesia bisa berkontribusi lebih nyata lagi untuk membangun kekuatan kedaulatan pangan. Selain itu, juga membangun kecerdasan bangsa melalui pupuk yang kita produksi,” katanya.

Penulis : Moh.Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *