Site icon Kolom Desa

Pemdes di Morut Ikuti Pelatihan Peningkatan BUM Desa

Pelatihan Perangkat Desa terkait pengelolaan BUM Desa. Sumber: sulteng.antaranews.com.

Pelatihan Perangkat Desa terkait pengelolaan BUM Desa. Sumber: sulteng.antaranews.com.

Kolomdesa.com, Morowali Utara – Perwakilan Pemerintah Desa (Pemdes) se-Kabupaten Morowali Utara mengikuti pelatihan peningkatan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa). Kegiatan tersebut mendapat pendampingan langsung dari Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat, Charles Natanael Toha.

“Kegiatan usaha yang dijalankan lewat BUMDesa harus dipertimbangkan dengan baik,” ujar Charles, Rabu (19/9/2024).

Menurut Charles, keberadaan BUM Desa diharuskan memberikan dampak yang baik. Teruma terkait dengan pendapatannya, sehingga tidak boleh lengah dalam menjalankan usahanya.

“Untuk BUM Desa, terkait pendapatan itu merupakan hal terpenting, sehingga harus dijalankan sebaik mungkin,” sambung Charles.

Dalam pengelolaan BUM Desa, Charles memberi arahan kepada setiap Perangkat Desa. Menurutnya pihak-pihak yang terkait harus sejalan, terutama saat mengelola BUM Desa.

“BPD, Pengurus BUM Desa, merupakan satu kesatuan, sehingga harus berjalan beriringan,” kata Charles.

Dalam kegiatan pendampingan mengenai pengelolan BUM Desa. Charles mengatakan, nantinya Perangkat Desa nantinya akan mendapat materi terkait dengan kompetensi dasar, hingga pengembangan.

“Administrasi dalam pengelolaan BUM Desa, dan mengidentifikasi kelemahan, serta pengembangan usaha nantinya akan dipaparkan oleh pakar dalam kegiatan ini,” jelas Charles.

Menurut Charles, kegiatan pelatihan bagi Perangkat Desa dalam mengelola BUM Desa ini sangat penting.

Menurutnya, kegiatan positif seperti ini dapat memberikan pengetahuan baru, sekaligus solusi dalam menghadapi tantangan yang terus berjalan.

“Ini memberikan pengetahuan yang merata, terutama bagi perangkat Desa yang ikut dalam kegiatan ini,” beber Charles.

Dalam kegiatan pemaparan materi, Charles mengatakan sudah menyiapkan tim ahli yang kompeten. Pegawai dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, diundang untuk memberikan ilmu mengenai Administrasi dan Bisnis BUM Desa.

“Ya harapannya setelah kegiatan ini usai, BUM Desa di Morowali Utara semakin maju dan berkembang,” pungkas Charles.

Penulis: Fuji
Editor: Aziz

Exit mobile version