Desa Panaikang Masuk 3 Besar Lomba Desa Berprestasi Tingkat Regional

Pemaparan Lomba Desa Prestasi oleh Tim Desa Panaikang di depan dewan juri. Sumber:diswaysulsel.com.
Pemaparan Lomba Desa Prestasi oleh Tim Desa Panaikang di depan dewan juri. Sumber:diswaysulsel.com.

Kolomdesa.com, Sinjai – Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai berhasil lolos tiga besar Lomba Desa Berprestasi Tingkat Regional 3. Selanjutnya, desa itu harus melakukan presentasi, sebelum nantinya ditetapkan juaranya.

“Saat ini Desa Panaikang sudah masuk dalam tahap, pemaparan untuk menetapkan siapa calon juaranya,” ujar Pj Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah, Rabu (18/9/2024).

Menurut Fahsul Falah, Panaikang merupakan satu-satunya yang mewakili Sulawesi Selatan lolos Regional 3. Usaha keras harus dilalui, karena di babak tiga besar, sudah ada dua desa yang sama-sama memiliki potensi menang.

“Panaikang akan bersaing dengan Desa Sabuai, dari Kalimantan Tengah, dan Desa Podorukun, dari Desa Kalimantan Barat,” sebut Falah.

Menurut Falah, keberhasilan Desa Panaikang lolos tiga besar Lomba Desa Berprestasi Regional 3 sudah baik. Lantaran, sebelum kompetisi ini digelar, beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan lomba tingkat regional yang diikuti banyak peserta.

“Lolosnya Desa Panaikang ke Tiga Besar, dan untuk memperebutkan juara karena sebelumnya memang sudah ada pleno Klasifikasi Lapangan dari Tim Kemendagri, dan jajarannya,” beber Falah.

Menurut Falah, nantinya tim dari Desa Panaikang akan bekerja ekstra untuk memenangkan Lomba Desa Prestasi ini. Kolaborasi, dan sinergitas akan ditingkatkan, terutama saat penyampaian materi di hadapan dewan juri.

“Tentu tim sudah latihan, dan kolaborasi serta peningkatan kerjasama dalam pemaparan terkait dengan Desa Panaikang sudah dijalankan sebelumnya,” kata Falah.

Untuk menghadapi babak tiga besar Lomba Desa Prestasi Regional 3, Falah mengku, Tim Desa Panaikang yang akan turun di gelanggang sudah siap bertanding.

“Nantinya, Desa Panaikang akan diperkuat oleh Kepala Desa, Ketua Tim Penggerak PKK Desa, BPD, Camat, Pendamping Kabupaten dan Pendamping Provinsi,” tegas Falah.

Falah berharap, dengan siapnya Desa Panaikang untuk memberikan pemaparan kepada tim Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI dapat menjadi juara. Sehingga, dapat membanggakan Kabupaten Sinjai, dan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kalau juara, sudah pasti akan mengharumkan Kabupaten Sinjai, dan Provinsi Sulawesi Selatan di tingkat Nasional,” pungkas Falah.

Penulis : Fuji
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *