Sambut Maulid Nabi, Warga Desa Balunijuk Gelar Sedekah Kampung

Menu yang disajikan untuk acara Sedekah Kampung. Sumber:rri.co.id
Menu yang disajikan untuk acara Sedekah Kampung. Sumber:rri.co.id

Kolomdesa.com, Bangka – Warga Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka menggelar sedekah kampung. Hal ini dimaksudkan untuk memeriahkan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah.

Warga Desa Balunijuk M. Arinda Unigraha menuturkan, perayaan sedekah kampung ala lebaran ini, menjadi tradisi bagi warga setempat yang hampir setiap tahun dilaksanakan pada saat Maulid Nabi Muhammad.

“Jadi ini adalah bentuk pelestarian adat istiadat yang luar biasa, masih dipertahankan masyarakat Balunijuk,” ujar Arinda, Senin (16/9/2024).

Ia menjelaskan, perayaan Maulid Nabi sebetulnya sempat dikhawatirkan tidak terlaksana, karena dampak kondisi ekonomi yang tidak stabil. Namun, warga bersyukur sedekah kampung yang sudah menjadi tradisi dikenal berlangsung di Desa Balunijuk dapat terlaksana dengan cukup meriah.

Ia menambahkan, pengunjung dari Sungailiat Endang mengaku, hampir setiap tahun berkunjung sekaligus bersilaturahmi ke rumah temen di Balunijuk.

“Mereka berlebaran, karena menurutnya tidak semua daerah lebaran seperti di Balunijuk, Sehingga tidak heran, jika banyak masyarakat yang datang dari daerah luar Desa ” tutupnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *