Pemdes Baru Luncurkan Kampong Ekonomi Kreatif

Acara peluncuran Kampong Ekonomi Kreatif (Kekar) Desa Baru. Sumber: Istimewa
Acara peluncuran Kampong Ekonomi Kreatif (Kekar) Desa Baru. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Belitung Timur – Pemerintah Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur berkolaborasi dengan mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung meluncurkan program Kampong Ekonomi Kreatif (Kekar). Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan UMKM di desa setempat.

Ketua Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Desa Baru Universitas Bangka Belitung (UBB), Muhammad Hugen mengatakan Kekar ini merupakan salah satu solusi yang ditawarkan kepada para pelaku UMKM yang berada di Desa Baru.

“Anggota Kekar ini mayoritas adalah UMKM yang membuat Kerupuk serta hasil tangkapan laut. Karena kan masyarakat disini mayoritas bekerja sebagai nelayan,” ujar Muhammad Hugen, Selasa (17/9/2024).

Ia menjelaskan, bahwa dalam kegiatan tersebut ada 36 UMKM di Desa Baru yang bergabung dalam Kekar yang berada di RT 17. Oleh karena itu, Hugen berharap pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa akan memberikan perhatian khusus untuk para pelaku UMKM di Desa Baru.

“Permodalan masih menjadi kendala utama yang dihadapi oleh anggota Kekar. Disatu sisi harapan kita ada berkelanjutan dari peresmian ini, baik dari segi branding dan pemasaran produknya,” harapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Belitung Timur Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Zikril mengatakan dengan adanya Kekar ini sebagai wujud nyata dan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat dalam mengutamakan kreativitas dan juga keahlian dalam proses UMKM.

“Melalui Kekar ini diharapkan masyarakat dapat mengasah kreativitas dan mengembangkan keahlian yang relevan dengan kebutuhan pasar saat ini. Ini adalah langkah penting untuk mempersiapkan kita memasuki era ekonomi kreatif yang semakin berkembang,” tutupnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *