Tingkatkan Budaya Literasi , Pemdes Wareng Wujudkan Taman Baca Desa

Anak-anak Desa Wareng tengah membaca di Taman Baca Desa Wareng yang berlokasi di Balai Desa Wareng. Sumber : Radar Jogja
Anak-anak Desa Wareng tengah membaca di Taman Baca Desa Wareng yang berlokasi di Balai Desa Wareng. Sumber : Radar Jogja

Kolomdesa.com, Purworejo – Pemerintah Desa (Pemdes) Wareng, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, berkolaborasi dengan Karang Taruna Tunas Dewa dan Yayasan Sosial Pendidikan Candradimuka.

Hal ini dalam upaya menumbuhkan budaya literasi dengan membuat Taman baca Candradimuka khususnya bagi pemuda desa diwilayah tersebut.

“Dengan adanya taman baca, harapannya bisa menjadi motivasi dan menambah literasi anak-anak di Desa Wareng,” ujar Kepala Desa Wareng, Nur Rohman. Senin (16/9/2024).

Rohman menyampaikan, dia sangat mengapresiasi atas kerja keras para pemuda dan yayasan karena telah menginisiasi taman baca tersebut.

Sebab, di tengah era gempuran teknologi saat ini, menurutnya upaya menumbuh literasi sangat diperlukan. Para generasi justru terlena dengan dampak negatif dari gawai sampai akhirnya minat baca menurun.

Sementara itu, CEO Candradimuka Alam Reformasi menyampaikan, berdasarkan survei BPS pada 2023, indeks literasi masyarakat Kabupaten Purworejo terendah se-Jawa Tengah. Dari situ, pihaknya untuk melakukan pemerataan fasilitas penunjang pendidikan khususnya di desa-desa.

“Kami inisiasi dengan mendirikan taman baca desa berkolaborasi dengan pemdes dan karang taruna desa,” sambungnya.

Dengan memberikan akses literasi bagi masyarakat Desa Wareng. Ia berharapa masyarakat setempat bisa aktif memanfaatkan fasilitas yang ada untuk meningkatkan budaya membaca.

“Semoga dapat menciptakan generasi yang lebih cerdas dan gemar membaca,” tutur dia.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, Dinporapar Purworejo Eny Widiarti juga memberikan apresiasi adanya taman baca tersebut.

Menurutnya, dalam pengelolaan kegiatan taman baca perlu adanya pemberdayaan pemuda. Pemuda desa diharapkan juga dapat membuat program taman belajar yang bisa diikuti secara gratis oleh anak-anak di Desa Wareng.

“Jadi nantinya tidak hanya sebagai taman baca saja,” tandasnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *