Pemdes Lolowonu Niko’otano Salurkan Bantuan Bibit untuk Kelompok Tani

Kelompok Tani di Desa Lolowonu Niko’otano. Sumber: rri.co.id
Kelompok Tani di Desa Lolowonu Niko’otano. Sumber: rri.co.id

Kolomdesa.com, Gunungsitoli – Pemerintah Desa Lolowonu Niko’otano, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli menyalurkan bantuan bibit, obat-obatan, peralatan pada kelompok-kelompok pertanian. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian warga.

Pj. Kepala desa Lolowonu Niko’otano Sonitehe Harefa, mengatakan penggunaan dana desa di Lolowonu Niko’otano pada tahun 2024 ini lebih difokuskan pada pengentasan kemiskinan. Salah satunya adalah membatu kelompok pertanian.

“Di desa kita ada 8 kelompok pertanian, jadi ini kita berdayakan mereka, kita bantu mereka sehingga perekonomian mereka bisa meningkat. Jadi setiap kelompok terdiri 7-10 keluarga. Kita bantu mereka dalam hal bibit, pupuk sampai mereka panen kita bantu dari pemerintah desa, dan ini akan berkesinambungan,” ucap Sonitehe, Jum’at (13/9/2024).

Ia menyebutkan APBDes untuk tahun ini di desa yang dipimpinnya sekitar 1,4 miliar lebih. Dua koma lima persen diarahkan pada pemberian BLT (Bantuan Langsung Tunai) dan program ketahanan pangan.

“Untuk tahun ini diimplementasikan dalam kegiatan pemberian bibit, obat-obatan, peralatan untuk kelompok-kelompok pertanian di desa,” imbuhnya.

Ia menambahkan, program pemanfaatan dana desa bisa berjalan dengan baik di desa tersebut tidak lepas dari harmonisasi yang baik dengan pihak BPD yang selalu mendukung program pemerintah desa setempat.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *