Site icon Kolom Desa

KWT Desa Mempaya Raih Juara 1 Gerakan Menanam di Pekarangan

Prosesi Penyerahan Penghargaan Kepada KWT Karya Baru Desa Mempaya. Sumber: rri.co.id

Prosesi Penyerahan Penghargaan Kepada KWT Karya Baru Desa Mempaya. Sumber: rri.co.id

Kolomdesa.com, Belitung Timur – Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Baru Desa Mempaya, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur berhasil menjadi juara I pada lomba Gerakan Menanam di Pekarangan (GEMPAR) 2024. Lomba tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan setempat.

Ketua KWT Karya Baru Desa Mempaya, Yuni mengungkapkan tidak pernah menyangka akan menjadi juara 1 dalam lomba GEMPAR 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Belitung Timur.

“Alhamdulillah, tidak menyangka akan juara pertama. Kawan-kawan KWT Desa Mempaya juga semangatnya luar biasa dan yang penting harus selalu kompak kedepannya,” ujar Yuni, Kamis (12/9/2024).

Ia menjelaskan, pemanfaatan lahan pekarangan rumah dilakukan dengan baik, ditanami dengan berbagai jenis sayuran seperti sawi, selada, terong, bayam, Kol, jagung, brokoli bahkan kebutuhan bumbu dapur. Menurutnya lomba GEMPAR ini banyak sekali manfaatnya, salah satunya mampu mengurangi beban pengeluaran masyarakat untuk berbelanja pangan.

“Yang kita tanam ini lebih dari belasan. Dan alhamdulillah hasil dari tanaman tersebut separuhnya bisa kami jual. Jadi selain menghemat pengeluaran rumah tangga, kami juga bisa mendapat pemasukan lain dari hasil jual sayur-sayuran tadi,” tutupnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz


Exit mobile version