Kades Sungai Rasau Manfaatkan Matching Fund 2024 untuk Kesejahteraan Warga

Aparat Desa Dungai Rasau mengikuti kegiatan di Politeknik Negeri Tanah Laut..
Aparat Desa Dungai Rasau mengikuti kegiatan di Politeknik Negeri Tanah Laut. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Tanah Laut – Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan berhasil menjadi salah satu dari enam desa yang mendapat bantuan kegiatan Matching Fund (program dana padanan) 2024.

Keberhasilan tersebut akan dimanfaatkan dengan baik oleh kepala desa (Kades) dan jajarannya bagi kesejahteraan masyarakat setempat secara merata.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Tanah Laut berkolaborasi dengan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Tanah Laut,” ujar Sekretaris Desa Sungai Rasau, Salman Ariadi, Selasa (10/09/2024).

Salman mengatakan tema dari kegiatan tersebut adalah, Pemberdayaan Masyarakat Kampung Iklim Berbasis Potensi Wilayah dan Kearifan Lokal di Kabupaten Tanah Laut.

“Terpilihnya Desa Sungai Rasau dalam kegiatan ini merupakan hasil seleksi DPRKPLH dari Puluhan Kampung Iklim di Kabupaten Tanah Laut  memiliki ciri khas dan  kearifan lokal di masing-masing wilayah,” ungkapnya.

Salman menjelaskan selain Desa Sungai Rasau, juga ada lima desa lainnya juga terpilih mendapatkan Matching Fund 2024. Kelima desa tersebut, sebut dia, Desa Tirta Jaya, Desa Bumi Jaya, Desa Telaga Langsat, Desa Sungai Bakar dan Desa Martadah Baru.

“Kegiatan Matching Fund 2024 dibuka Kamis,  tanggal 29 Agustus 2024 di Gedung Kuliah Terpadu Politala tersebut nantinya terbagi menjadi dua bagian,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dua bagian tersebut, pertama berupa, peningkatan kapasitas/bimbingan teknis untuk para pemangku kepentingan dan masyarakat desa di Politala. Kedua, pendampingan langsung  di enam desa penerima Matching Fund 2024.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Rasau Tan Selamat menyambut baik dan merasa bersyukur bisa menjadi bagian dalam kegiatan Matching Fund 2024 dari Politala dan DPRKPLH Tanah Laut tersebut.

“Kami masyarakat Desa Sungai Rasau sangat bersyukur menjadi bagian dari kegiatan Matching Fund 2024 Politala ini karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, dimana masyarakat kami nanti akan diberikan pengetahuan, informasi dan praktek langsung terkait pembentukan dan pengelolaan Bank Sampah, Pengembangan Produk Agroindustri dan Budidaya Maggot BSF,” tutup Tan Selamat.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *