Jembatan Penghubung Dua Desa di HSU Segera Diperbaiki

Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Teluk Masjid dan Desa Tambalang Kecil, Kabupaten HSU yang rusak sejak Juli 2024.
Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Teluk Masjid dan Desa Tambalang Kecil, Kabupaten HSU yang rusak sejak Juli 2024. Sumber: Dinas PUPR HSU

Kolomdesa.com, HSU – Jembatan gantung yang menghubungkan Desa Teluk Masjid dan Desa Tambalang Kecil, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada bulan juli lalu mengalami kerusakan berat. Jembatan tersebut rencananya akan diperbaiki dalam waktu dekat, dengan menggunakan APBD Tahun 2024.

Kondisi jembatan yang berusia puluhan tahun ini sangat dikeluhkan warga, lantaran biasa dimanfaatkan untuk melintas dalam aktivitas sehari-hari.

“Untuk perbaikan menjadi jembatan permanen masih belum memungkinkan karena keterbatasan anggaran, dilakukan perbaikan sementara menggunakan APBD Perubahan 2024,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR HSU, Ibnu Maulana, Senin (09/09/2024).

Ibnu mengatakan bahwa saat ini dilakukan perbaikan menggunakan anggaran tak terduga. Namun telah diusulkan kembali pada APBD Perubahan 2024.

“Tak lama lagi perbaikan akan dilakukan setelah mendapatkan pihak ketiga yang melakukan pembangunan,” tambahnya

Diketahui sebelumnya penyebab kerusakan jembatan karena ada salah satu bagian penyangga utama yang patah. Patahnya satu tiang penyangga utama maka membuat kekuatan penyangga tali tidak stabil, sehingga menyebabkan jembatan rusak dan mau roboh.

“Saat ini sudah dibongkar, bagian papan sudah dilepas untuk nantinya dipasang kembali dengan yang lebih baik,” ujarnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *