Site icon Kolom Desa

Bangun Pola Asuh Anak Berkualitas, Pemdes Sumberjo Gelar Seminar Parenting

Para wali murid meyimak dengan seksama terkait materi parenting yang diberikan saat acara seminar di pendopo kantor Desa Sumberjo, Kecamatan Plandaan Jombang. Sumber : Dwi Aris S/Radar Jombang

Para wali murid meyimak dengan seksama terkait materi parenting yang diberikan saat acara seminar di pendopo kantor Desa Sumberjo, Kecamatan Plandaan Jombang. Sumber : Dwi Aris S/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Sumberjo, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, mengalokasikan anggaran khusus untuk menggelar seminar parenting, atau pola asuh anak bagi orang tua.

Hal ini bertujuan meningkatkan kualitas pola asuh para orang tua dalam mengasuh anak sesuai usia, karakter, dan perkembangannya.

”Tujuan utama kami adalah menambah wawasan bagi para orang tua/wali murid dalam mendidik anak usia dini dengan baik, benar serta tepat,” kata Kepala Desa Sumberjo Suti. Senin (9/9/2024).

Suti mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemdes dalam memperkuat ketahanan keluarga, terutama dalam hal pengasuhan anak.

”Total 46 orang wali murid mengikuti seminar yang diisi oleh narasumber Supirman SPsi asal Kediri,” imbuhnya.

Suti juga menjelaskan, Seminar yang mengusung tema “Aku Hebat dari Orang Tua yang Hebat” dihadiri oleh 46 wali murid dari Taman Posyandu (Tapos), Kelompok Bermain (KB), dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Desa Sumberjo.

“Dengan pengetahuan itu, diharapkan para orang tua mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam hal pola pengasuhan, mendidik anak, mendukung, membimbing sekaligus menjadi teman yang menyenangkan bagi anak,” imbuhnya.

Selain fokus pada pola asuh, seminar ini juga membahas pentingnya asupan gizi yang tepat, serta penerapan waktu yang baik untuk sarapan, makan siang, dan makan malam sesuai dengan jadwal yang sehat.

Suti berharap setelah seminar ini, para orang tua dapat mengimplementasikan pengetahuan baru mereka untuk menciptakan keselarasan antara pola asuh di rumah dan di lembaga pendidikan, sehingga anak-anak dapat belajar dalam lingkungan yang konsisten.

”Harapan kami para wali murid setelah mengikuti seminar mendapatkan pengetahuan untuk para orang tua tentang parenting agar terjadi keselarasan pola asuh antara lembaga pendidikan dan di rumah sehingga tercipta lingkungan belajar yang konsisten bagi anak,” pungkas Suti.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Exit mobile version