Puluhan Desa di Gianyar Berhasil Bertransformasi ke Desa Wisata

Objek wisata di salah satu desa wisata gianyar. Sumber Foto : Wartabali
Objek wisata di salah satu desa wisata gianyar. Sumber Foto : Wartabali

Kolomdesa.com, Gianyar – Sebanyak 43 Desa dari 70 desa di Kabupaten Gianyar secara keseluruhan berhasil bertransformasi ke desa wisata. Pertumbuhan Desa Wisata ini sudah menunjukkan tren peningkatannya, hingga setiap tahunnya ada desa yang mendaftar untuk menjadi Desa Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Gianyar, Wayan Gede Sedana, menjelaskan bahwa dalam melakukan pendaftaran sebagai Desa Wisata dengan beberapa persyaratan yang wajib dimiliki, termasuk untuk mendapatkan rekomendasi sebagai desa wisata memerlukan proses verifikasi dari Dispar.

Termasuk adanya pengelola desa wisata baik oleh pemuda atau kelompok yang memiliki misi yang sama untuk memajukan desa wisata.

Yande Sedana menyampaikan, ada tiga syarat utama sebagai desa wisata, pertama memiliki potensi alam, memiliki aktivitas budaya dan potensi alam buatan seperti taman, bangunan atau lainnya. Syarat kedua adalah memiliki akses ke lokasi wisata yang memadai, adanya toilet dan sarana penunjang lainnya.

“Syarat ketiga adalah adanya sarana penunjang seperti akomodasi, rumah makan/kuliner, tempat souvernir,” jelasnya Rabu (8/9/2024).

Yande Sedana juga menambahkan persyaratan tersebut mesti didukung oleh pengelola yang menguasai bahasa asing sesuai target wisatawan termasuk guide yang bisa menjelaskan potensi wisata di desanya dengan benar.

“Kalau persyaratan pengelolaan ini, rata-rata pengelola sudah mumpuni termasuk guide lokal di desa wisata, kemudian perlunya mempromosikan desa wisata melalui web desa masing-masing,” bebernya.

Yande Sedana membeberkan, untuk kecamatan Gianyar yang sudah masuk desa wisata adalah Desa Sidan, Beng, Lebih, Bakbakan dan Desa Temesi. Untuk kecamatan Ubud desa wisatanya adalah Mas, Lodtunduh, Peliatan, Petulu, Kedewatan, Singakerta dan Sayan. Untuk Kecamatan Blahbatuh sebagai desa wisata adalah Buruan, Bedulu, Keramas dan Saba. Untuk kecamatan Tampaksiring desa wisatanya adalah Pejeng Kangin, Tampaksiring dan Manukaya.

Di kecamatan Sukawati desa wisatanya adalah Batubulan, Singapadu Tengah. Singapadu kaler, Celuk, Batuan, Kemenuh, Guwang. Dan kecamatan Payangan desa wisatanya Melinggih Kelod, Bukian, Puhu, Kelusa, Kertas, Bresela dan Melinggih.

“Masing-masing desa memiliki potensi wisata tersendiri, walau ada yang hampir sama potensinya,” jelasnya.

Termasuk Desa Wisata yang potensinya banyak adalah Taro, Batuan dan Singapadu.

Penulis : Fais
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *