Desa Binangga Terima Bantuan Infrastruktur Air Bersih

Peresmian sarana air bersih dalam rangka Hari Pelanggan Nasional oleh PLN. Sumber: upeks.co.id.
Peresmian sarana air bersih dalam rangka Hari Pelanggan Nasional oleh PLN. Sumber: upeks.co.id.

Kolomdesa.com, Parigi Moutong – Desa Binangga, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong menerima bantuan infrastruktur saluran air bersih. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh PLN untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional.

“Kami ucapkan kepada PLN atas bantuan infrastruktur sarana air bersih yang telah diberikan, ini merupakan kolaborasi yang sangat memudahkan bagi masyarakat ,” ucap Kepala Desa Binangga, Amar Makruf, Sabtu (7/8/2024).

Menurut Makruf, dengan adanya air bersih ini dapat digunakan oleh warganya untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Dia menyebut, mulai saat ini kesulitan air bersih di desanya sudah dapat diatasi.

“Airnya terus mengalir dan dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari,” tutur Makruf.

Dalam proses pendistribusian kepada warga Desa Binangga, Makruf menjelaskan nantinya pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Binangga yang akan mengaturnya.

“Ke depan, agar pendistribusian tertib dan lancar, pihak Pemdes yang akan mengaturnya,” ucap Makruf.

Begitu penting bantuan fasilitas air bersih yang diberikan, membuat Makruf dan seluruh warga untuk menjaganya. Menurutnya, ini kebiasaan baik tersebut harus ditanamkan agar fasilitas air itu tidak cepat rusak.

“Ini merupakan aset milik desa, sehingga menjaganya harus dilakukan oleh seluruh warga desa agar manfaatnya lebih panjang lagi,” kata Makruf.

Sementara itu, Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo mengatakan pembangunan fasilitas air bersih di Desa Binangga merupakan program bagus dari PLN. Menurutnya, dengan adanya infrastruktur air bersih, kebutuhan dasar otomatis tercukupi.

“Program ini sangat bagus karena dapat mengatasi kebutuhan dasar dan bagian dari bentuk ketahanan pangan masyarakat,” ucap, Richard Arnaldo.

Begitu berharganya fasilitas air bersih yang telah dibangun oleh PLN, Richard pun berpesan kepada seluruh warga Desa Binangga agar menjaganya.

“Fasilitas air bersih ini harus dijaga, karena ini merupakan amanah agar manfaatnya dapat dirasakan terus – menerus,” pesan Richard.

Sementara itu, pihak PLN yang diwakili oleh General Manager (GM) PLN UIP3B Sulawesi, Nurdin Pabi mengucapkan rasa bangganya, karena sudah dibantu oleh beberapa pihak.

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya sehingga program Hari Pelanggan Nasional oleh PLN di Desa Binangga dapat berjalan dengan baik,” kata Nurdin.

Menurut Nurdin, berkat peran aktif warga Desa Binangga, fasilitas air bersih ini dapat terbangun, sesuai rencana.

“Kita patut bersyukur fasilitas air ini dapat terbangun dengan lancar, dan manfaatnya dapat dirasakan sesegera mungkin,” ucap Nurdin.

Nurdin mengatakan, fasilitas air yang telah dibangun ini dapat menampung 42 ribu liter. Menurutnya, nantinya 300 Kepala Keluarga (KK) dapat menikmati air bersihnya.

“1,2 ribu orang nanti akan mendapat manfaat pembangunan fasilitas air bersih ini,” pungkas Nurdi.

Dalam agenda peresmian sarana air bersih itu, turut dihadiri oleh Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo Kepala Dinas (Kadis)PUPR, Camat Parigi Tengah, Kades Binangga, Amar Makruf dan Mitra PLN Yayasan Galang Bersama.

Penulis : Fuji
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *