Manfaatkan DD, Pemdes Klitih Bangun Jalan Penghubung antar Dusun

Kades Klitih Siti Ro’aini bersama perangkat desa meninjau jalan rabat beton di Dusun Jabon, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan Jombang. Sumber : Ainul Hafidz/Radar Jombang
Kades Klitih Siti Ro’aini bersama perangkat desa meninjau jalan rabat beton di Dusun Jabon, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan Jombang. Sumber : Ainul Hafidz/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, terus melakukan upaya peningkatan infrastruktur dengan membangun akses jalan penghubung antardusun.

Proyek yang memanfaatkan dana desa (DD) ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antara Dusun Jabon dan Dusun Tempuran, yang kini telah dilengkapi rabat beton sepanjang 67 meter.

“Jalan penghubung antara Dusun Jabon dan Dusun Tempuran kini sudah dicor, ini adalah bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan infrastruktur desa,” ujar Kepala Desa Klitih, Siti Ro’aini, Sabtu (7/9/2024).

Desa Klitih, yang terdiri dari 14 dusun, termasuk Klitih, Pojok, Tanggungan, Jabon, Tempuran, Tondowesi, Putuk, Delik, Tambak, Cepit, Waturumpit, Nampu, Papringan, dan Rapahombo, telah secara konsisten melakukan perbaikan jalan setiap tahun.

Jalan penghubung tersebut sebelumnya berupa tanah yang mudah becek saat musim hujan, membuat mobilitas warga terganggu.

Siti menjelaskan bahwa perbaikan jalan ini menjadi prioritas karena jalur tersebut ramai dilalui warga, dan perbaikan diharapkan dapat memperlancar aktivitas sehari-hari, termasuk dalam sektor ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

”Sekaligus jalan penghubung antarkabupaten ke Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Nganjuk,” imbuh dia.

Selain penghubung antardusun, jalan ini juga menjadi jalur penting menuju Kabupaten Nganjuk, menghubungkan Desa Klitih dengan Desa Pule, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk.

”Masih berupa tanah, belum pernah dipaving ataupun apsal. Sehingga ketika musim hujan pasti becek. Alhamdulillah tahun ini sudah bagus,” tutur Siti.

Karena ramai dilalui warga, sehingga menjadi salah satu prioritas pemdes untuk melakukan perbaikan.

”Jadi bukan hanya di Jabon, tahun lalu kami juga memperbaiki jalan di Dusun Klitih juga dirabat beton,” ujar dia.

Diharapkan, sudah meningkatnya jalan antardusun memperlancar aktivitas warga, juga mobilisasi kendaraan antarkabupaten.

”Baik masalah perekonomian, pendidikan hingga kesehatan bisa lebih terjangkau, dan alhamdulillah masyarakat juga mendukung sehingga perbaikan berjalan lancar,” kata Siti.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *