Kolom Desa

BUM Desa Silatri Indah Jadi Pilot Project Lumbung Ekonomi

Rest Area BUM Desa Silatri Indah. Sumber; BUM Desa Silatri Indah.

Kolomdesa.com, Wonosobo – Keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) dalam meningkatkan perekonomian desa patut diapresiasi. Sebab hal tersebut akan mampu menjadi pemantik bagi desa lain untuk memberikan inovasi dalam pengelolaan BUM Desa.

Salah satu BUM Desa yang mampu menjadi pilot procet yakni BUM Desa Silatri Indah yang berlokasi di Desa Beran, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo. BUM Desa ini dinilai berhasil dalam meningkatkan perekonomian desa serta serta memberdayakan masyarakat desa setempat.

BUM Desa Memiliki Lokasi Strategis

BUM Desa Silatri Indah memiliki tempat yang cukup strategis yakni berada di jalan alternatif yang menghubungkan Wonosobo, Magelang, Yogyakarta dan daerah sekitarnya.

Adanya potensi tersebut telah memberikan dampak positif untuk mengembangkan usaha yang dijalankan seperti  tempat rest area yang turut didukung adanya toserba, toko kelontong, kios makanan dan minuman, hingga penyediaan toilet dan kamar mandi.

Direktur BUM Desa Silatri Indah, Akhmad mengatakan perbaikan dan percepatan bisnis badan usaha yang dikelolanya terus dilakukan. Seperti wahana kolam renang di area Silatri Indah yang mulai beroperasi.

“Bumdes Silatri tidak hanya fokus pada bisnis di rest area saja. Namun juga wahana olahraga untuk anak dan warga sekitar. Didukung lokasi yang strategis potensi bisnis ke depan rest area Silatri ini cukup prospek,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini BUM Desa Silatri sudah punya kolam renang. Selain itu, juga ada lahan yang cukup untuk pengembangan bisnis peternakan dan pertanian terpadu. Ke depan BUM Desa akan dijadikan model pilot project lumbung ekonomi di Desa Beran.

BUM Desa Silatri Indah Jadi Pilot Project Lumbung Ekonomi
Rest Area BUM Desa Silatri Indah. Sumber: Dok BUM Desa Silatri Indah.

Memiliki Program Pelatihan

BUM Desa Silatri Indah melalui programnya mengadakan beberapa pelatihan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat Desa Beran. Pelatihan terbuka untuk masyarakat yang diinfokan oleh BUM Desa Silatri Indah yang dibantu dengan Pemerintah Desa Beran.

Pelatihan digunakan untuk memfasilitasi masyarakat Desa Beran agar mampu mengolah produk pertaniannya secara maksimal. Seperti hasil panen padi, umbi-umbian, sayur-sayuran dan produk alam lainnya agar mampu dimaksimalkan dengan baik menjadi produk olahan seperti pelatihan membuat batik, kripik, jamu, dan manajemen kewirausahaan

Selain bergerak di bidang usaha, BUM Desa Silatri Indah memiliki program social oriented yang diberi nama dengan program Tringapaja. Tringapaja merupakan program yang bertujuan memberikan pendampingan pada anggota kelompok seperti Kelompok Tani Wanita (KWT) dan pelaku UMKM yang ada di Desa Beran. Pendampingan tersebut mulai dari perencanaan, pembukuan, pengelolaan, pemasaran, dan lain sebagainya.

Wahana kolam renang BUM Desa Silatri Indah. Sumber: BUM Desa Silatri Indah.

Memiliki Banyak Unit Usaha

Keberhasilan BUM Desa Silatri dalam meningkatkan PADes berasal dari banyaknya unit-unit usaha yang telah dijalankan. Beberapa unit usaha yang dijalankan berupa penyewaan kios, toko kelontong, pengelolaan toilet, toserba, joglo silatri indah, kolam renang, pertanian, perikanan, dan peternakan.

Selain itu, unit usaha yang telah didirikan turut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Beran. Tercatat ada 11 karyawan untuk mengelola unit-unit usaha yang telah didirikan oleh BUM Desa Silatri.

Saat ini, masyarakat yang hanya menjadi ibu rumah tangga bisa menambah pendapatan keluarga dengan menjadi menjadi  pelaku usaha  di  Rest  Area  dengan  mengandalkan  kemampuan yang ada.

Exit mobile version