Desa Labawang Terpilih Jadi Pelopor Keterbukaan Informasi APBDes

Kepala Desa Labawang, Haeruddin. Sumber: tribunnews.com.
Kepala Desa Labawang, Haeruddin. Sumber: tribunnews.com.

Kolomdesa.com, Wajo – Desa Labawang, Kecamatan Keera, Kabupaten Wajo terpilih menjadi pelopor keterbukaan informasi mengenai Anggaran Pembelanjaan Bulanan Desa (APBDesa). Prestasi tersebut, berkat kinerja Pemerintah Desa Labawang yang transparan dalam menggunakan anggaran.

“Transparansi di Desa Labawang ini merupakan komitmen kami, dalam memberi informasi masyarakat,” ungkap Kepala Desa Labawang, Haeruddin, Rabu (4/9/2024).

Menurutnya, keterbukaan informasi mengenai desa, terutama laporan pertanggung jawaban sudah ada aturannya. Terutama terkait dengan pendanaan dan segala pekerjaan yang ada di desa.

“Kita ini bagian dari masyarakat sehingga apa yang dilakukan oleh pemerintah dapat diketahui oleh masyarakat,” tutur Haeruddin.

Haeruddin berjanji dalam segala aspek kegiatan yang ada di Desa Labawang. Ke depannya akan lebih banyak lagi yang akan diinformasikan ke warga.

“Kalau kemarin hanya sebatas dana, kedepan akan lebih beragam terkait dengan kebijakan, program, dan kegiatan pemerintah desa akan kita laporkan ke masyarakat,” tuturnya.

Heruddin meyakini, informasi dari pemdes yang dapat ditangkap dengan baik oleh warga dapat memicu semangat untuk berkegiatan. Tentu ini merupakan faktor pendukung agar desa lebih baik lagi.

“Informasi yang dapat diketahui oleh warga, membuat warga tergerak dan ingin terlibat dalam setiap kegiatan desa,” ujarnya.

Atas prestasi sebagai Pelopor Desa Keterbukaan Informasi, Pendamping Desa (PD) Desa Labawang Alimsyah mengapresiasi hal tersebut. Menurutnya kesadaran dalam menginformasikan kondisi desa memang penting dilakukan.

“Penting karena dapat memicu partisipasi warga, dan terciptanya tata kelola desa yang lebih baik,” kata Alimsyah.

Alimsyah juga merasa bangga dengan desa yang ia dampingi. Menurutnya, ke depan Desa Labawang dapat menginspirasi desa lainnya.

“Tentu ini dapat menginspirasi desa lainnya,” pungkas Alimsyah.

Penulis Fuji
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *