Dua Objek Wisata di Desa Tampakang Berpotensi untuk Dikembangkan

Indahnya pemandangan Pulau Sambujur di Desa Tampakang Kecamatan Paminggir, Kabupaten HSU.
Indahnya pemandangan Pulau Sambujur di Desa Tampakang Kecamatan Paminggir, Kabupaten HSU. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, HSU – Pulau Sambujur dan Kerbau Rawa yang teletak di Desa Tampakang, Kecamatan Paminggir, Kalimantan Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki objek wisata yang berpotensial untuk dikembangkan. Pengembangan objek wisata tersebut guna meningkatkan ekonomi masyarakat desa secara berkelanjutan.

Dua objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, selain melihat kearifan lokal warga dalam memelihara kerbau rawa, pada Pulau Sambujur juga menyajikan pemandangan yang mempesona.

“Rencananya tahun 2025 akan dibangun gazebo dari anggaran Provinsi Kalsel, diharapkan dengan adanya pembangunan ini menambah fasilitas yang ada di Pulau Sambujur dan meningkatkan minat pengunjung untuk datang ke objek wisata tersebut,” kata Kepala Disporapar HSU, Saifullah , Rabu (4/9/2024).

Saifullah mengatakan bahwa Pulau Sambujur yang berada di Desa Tampakang ini banyak terdapat pohon kelapa, lokasinya dikelilingi oleh daerah rawa. Sehingga pada saat siang atau sore hari angin bertiup cukup kencang di pulau tersebut.

“Untuk menuju ke pulau sambujur memang cukup jauh dari pusat kota Amuntai, perjalanan dari pusat kota ke dermaga Danau Panggang sekitar 20 kilometer dilanjutkan dengan kapal cepat sekitar 40 menit,” ujarnya.

Lebih lanjur, saat ini juga menjadi salah satu objek wisata kabupaten HSU, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSU bekerjasama dengan Disporapar Provinsi Kalimantan Selatan untuk pengembangan objek wisata ini.

Saifullah menjelaskan bawha pihaknya mengusulkan untuk Purna salah satu warga Amuntai yang pernah mengunjungi Pulau Sambujur mengatakan, pemandangan alamnya sangat indah terlebih pada saat siang hari, awan yang cerah terlihat mengagumkan.

“Tidak rugi menempuh perjalanan yang cukup jauh, karena pemandangannya juga indah. Sangat bersyukur jika dilakukan penambahan fasilitas dan pengelolaan yang baik di objek wisata tersebut,” ungkapnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *