Site icon Kolom Desa

Desa Wisata IV Suku Menanti Masuk 50 Besar ADWI 2024

Prasasti 50 Besar ADWI 2024. Sumber: Istimewa

Prasasti 50 Besar ADWI 2024. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Rejang Lebong – Desa Wisata IV Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong masuk nominasi 50 besar ADWI 2024. Hal ini berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Melihat keunggulan desa kami optimis bisa meraih hasil terbaik. Selain produk UMKM dan atraksi budaya, kami juga memiliki agenda karnaval yang sudah dilakukan sejak tahun 2016,” kata Kepala Desa IV Suku Menanti, Jumari, Selasa (3/9/2024).

Ia mengatakan saat ini sedang mendapatkan pendampingan oleh pihak kementerian. Dalam proses pendampingan pengelola wisata diberi masukan perihal pengelolaan wisata yang berkelanjutan.

“Selain itu tak melupakan aspek pemanfaatan digital untuk mempromosikan desa,” katanya.

Jumari menjelaskan, Desa IV Suku Menanti memiliki banyak wisata unggulan, di antaranya wisata alam air terjun Pemandian Punai, pemandian air panas, suban rimau, air terjun batu suli, wisata alam kebun apel sunan bon apel, dan kebun jeruk gerga cahaya akbar. Selain itu, kebun jeruk bintang gerga ana, kampung kopi sintaro, wisata budaya karnaval IV Suku menanti, serta wisata edukasi rumah nira pengolahan gula aren.

Selain itu, kata Jumari, terdapat UMKM pembuatan kerajinan pisau dan parang, kerajinan dalam bidang mode seperti tas, dan hiasan rumah yang dibuat dari bahan-bahan alam.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Exit mobile version