Warga Desa Wawatu Ikuti Pelatihan Pemetaan Wisata

Warga Desa Wawatu ikuti pelatihan pemetaan wisata. Sumber: radarsultra.co.
Warga Desa Wawatu ikuti pelatihan pemetaan wisata. Sumber: radarsultra.co.

Kolomdesa.com, Konawe Selatan – Warga Desa Wawatu, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan mengikuti pelatihan pemetaan kawasan wisata di wilayah pesisir. Kegiatan tersebut langsung dibina oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO).

“Tujuannya agar warga Desa Wawatu, tepatnya yang tinggal di kawasan pesisir memiliki pengetahuan zona yang memiliki potensi wisata,” ucap Ketua Tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UHO, Sawaludin, Sabtu (31/4/2024).

Menurut Sawaludin, kegiatan pendampingan dan pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UHO ini juga melatih warga terampil dalam mengelola wisata. Ia meyakini, selepas pendampingan warga, wisata di pesisir Desa Wawatu akan lebih berkembang, bahkan maju.

“Potensi wisata di Desa Wawatu beragam, ada panorama alam yang memukau dan ada banyak pulau gugusan di lepas pantai, ini merupakan potensi yang begitu besar yang dapat dimanfaatkan warga,” beber Sawaludin.

Beragamnya potensi alam yang ada di Desa Wawatu membuat mahasiswa yang tergabung dalam KKN UHO berfokus dalam pemetaan wisata. Hal ini dilakukan agar potensi yang beragam tersebut dapat dijadikan beberapa spot wisata, yang dapat dipilih oleh wisatawan.

“Spot-spot wisata yang ada di Desa Wawatu nantinya dapat dipisahkan, sehingga wisatawan nanti bisa memilih salah satu yang wisata yang menjadi tujuannya,” terang Sawaludin.

Dengan adanya pemetaan wisata tersebut, Sawaludin yakin keuntungan baik dari wisatawan maupun pengelola akan lebih jelas. Wisatawan saat berkunjung ke Desa Wawatu jadi lebih mudah dapat informasi terkait destinasi wisata, sedangkan dari sisi pengelola akan membuka lapangan baru.

“Potensi wisata dapat dimaksimalkan, karena dapat menarik wisatawan yang berbeda-beda,” tutur Sawaludin.

Untuk mendukung tujuan tersebut, Sawaludin bersama mahasiswa bimbingannya dan warga melakukan tindak lanjut dengan membuat peta wisata. Hasil produk gambar wisata itu selanjutnya dipasang ditempat strategis.

“Peta akan dipajang, salah satunya di dermaga agar pengunjung dapat melihat dengan mudah, pilihan spot wisata di sini,” kata Sawaludin.

Pasca pelatihan pemetaan wisata, Sawaludin berharap nantinya warga Desa Wawalutu lebih berdaya. Menurutnya, perputaran ekonomi juga akan meningkat.

“Otomatis nantinya warga di Desa Wawatu lebih sejahtera,” pungkasnya.

Penulis: Fuji
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *