Proyek Sanitasi Layak di Desa Tenggela Diresmikan

Peresmian bangunan sanitasi layak di Desa Tenggela oleh Pj Sekda Gorontalo. Sumber: Gorontalokab.go.id
Peresmian bangunan sanitasi layak di Desa Tenggela oleh Pj Sekda Gorontalo. Sumber: Gorontalokab.go.id

Kolomdesa.com, Gorontalo – Proyek sanitasi layak di Desa Tenggela, Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo telah usai. Infrastruktur pendukung hidup bersih bagi warga setempat itu diresmikan langsung oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo, Haris S. Tome.

“Pembangunan infrastruktur sanitasi layak ini merupakan bagian dari program ‘Berkah Cinta’ atau Berdayakan Masyarakat Sehat, dan Ciptakan Sanitasi Anak,” ucap Haris, Jumat (30/8/2024).

Menurut Haris, program yang diprakarsai oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Gorontalo ini merupakan program prioritas. Menurutnya, dengan fasilitas sanitasi yang layak yang diperuntukan untuk warga harus tersedia sesegera mungkin.

“Tujuannya agar kebersihan lingkungan dan mencegah penyakit akibat sanitasi buruk dapat dilakukan dengan segera,” jelas Haris.

Haris memaparkan, pembangunan sanitasi di Desa Tenggela cukup beragam. Fasilitas jamban, hingga pipanisasi air juga dibangun.

“Komponen utama pembangunan sanitasi di Desa Tenggela yang paling utama adanya jamban,” sebut Haris.

Berkat pembangunan sanitasi layak di Desa Tenggela, Haris memberi apresiasi kepada Dinas PUPR Gorontalo. Ia bangga dengan inisiasi yang telah dibuat, karena dapat memberi manfaat kepada warga.

“Tentu langkah ini sangat penting lantaran memberikan manfaat yang nyata bagi warga,” kata Haris.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) PUPR Heriyanto Kodai pembangunan sanitasi layak ini juga merupakan bentuk komitmen dari PUPR. Salah satunya, untuk melatih pegawai agar peduli dengan lingkungan sekitar.

“Pembangunan sanitasi layak ini merupakan bagian dari Pelatihan Kepemimpinan, dan Proyek Perubahan dengan output pembangunan sanitasi layak bagi warga Tenggela,” beber Heri.

Heri berharap, dengan adanya pembangunan sanitasi layak di Desa Tenggela, warga mulai sadar untuk hidup bersih, dan tidak buang air sembarangan.

“Tujuannya warga agar tidak membuang air di sungai ataupun di lahan kosong,” terang Heri.

Heri berharap, bangunan sanitasi yang sudah dibangun dengan bagus itu warga Desa Tenggela dapat merawat, dan menggunakan seusai fungsinya.

“Semoga bangunan sanitasi ini awet, dan dijaga agar manfaatnya jangka panjang,” pungkas Heri.

Penulis : Fuji
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *