Kolom Desa

Pesona Rejo Raya Jadi Contoh BUM Desa Inspiratif

Sumber : jadesta.kemenkraf.id

Kolomdesa.com, Kotabaru – Pemerintah telah berupaya untuk mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) untuk dapat memanfaatkan potensi desa agar dapat dimaksimalkan menjadi pendapat desa dan bermanfaat bagi warganya.

Salah satu BUM Desa yang terdapat di Desa Tegalrejo, Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan yang mampu meningkatkan pendapatan desa serta mampu meningkatkan perekonomian masyarakat

BUM Desa Pesona Rejo Raya masuk sebagai BUM Desa inspiratif yang telah diselenggarakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) di Bintan, Kepulauan Riau.

BUM Desa inspiratif merupakan kategori kegiatan untuk menginspirasi BUM Desa atau BUM Desa bersama yang telah berhasil mendorong pengembangan ekonomi, dan investasi di desa.

Direktur BUM Desa Pesona Rejo Raya Tri Widodo mengatakan dalam festival BUM Desa nanti selain akan mengenalkan tentang wisata Goa Lowo dirinya juga akan membawa beberapa produk BUM Desa yang menjadi unggulan untuk dipromosikan, dan dipasarkan pada ajang tersebut berupa produk eco print, sasirangan khas Goa Lowo, dan produk produk lainnya.

Pesona Rejo Raya Jadi Contoh BUM Desa Inspiratif
Produk UMKM Goa Lowo. Sumber : jadesta.kemenkraf.id

Terdapat Belasan UMKM Binaan

Selama berdirinya BUM Desa di Desa Tegal Rejo, saat ini telah berhasil melakukan  pembinaan terhadap kelompok usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan melakukan pembuatan produk kaos eko print, rumah sasirangan khas yang menjadi ciri khas Goa Lowo.

“Dari hasil produksi mereka kita pasarkan di sekitar area wisata juga dijual di gerai-gerai secara umum,” ungkapnya

Saat ini, BUM Desa Pesona Rejo Jaya memiliki UMKM sebanyak 15 kios yang menjual beberapa produk olahan makanan dari hasil karya warga binaan di Desa Tegal Rejo. Adapun produknya berupa beras jagung, ekstrak jahe, keripik pisang, keripik sukun, kripik tempe dan olahan lainnya yang mencapai omset per bulan Rp5 juta per pekan.

Wisata Goa Lowo. Sumber : jadesta.kemenkraf.id

Wisata Goa Lowo

BUM Desa Pesona Rejo Jaya memiliki sektor wisata Goa Lowo yang mampu menarik para wisatawan yang datang. Ditaksir dalam setiap tahunnya wisata Goa Lowo ini bisa mencapai ratusan ribu orang.

Tidak heran jika obyek wisata tersebut bisa berdampak meningkatnya perputaran uang yang hampir mencapai Rp12 miliar. Begitu antusias pengunjung datang ke tempat tersebut, pemerintah setempat juga menggelar festival destinasi wisata Goa Lowo 2023 di Desa Tegalrejo.

Mendapatkan Penghargaan dari Pemkab

Atas keberhasilannya dalam mengelola wisata Goa Lowo serta telah memberikan dedikasi, loyalitas dan kerja sama yang baik. Direktur Wisata Guwo Lowo turut mendapatkan penghargaan langsung dari Bupati Kotabaru.

“Direktur Pak Tri Widodo ini pantas diberi penghargaan. Sebab, sejak awal, hingga wisata itu ramai, beliau lah tokoh penggeraknya di objek wisata Goa Lowo,” ujar Sayed Jafar

Selain itu, BUM Desa Pesona Rejo Jaya telah menorehkan banyak penghargaan dan prestasi. Diantaranya, berhasil masuk dalam jajaran BUM Desa terbaik se-Kalsel tahun 2020.

Prestasi lainnya, mampu berperan aktif dalam pengelolaan TPS3R di Desa Tegalrejo, dan meraih predikat terbaik se-Kalsel tahun 2021, serta berhasil menerima anugerah ke tingkat nasional perihal Desa Wisata Tegalrejo. Ke depan bersama pemerintah, Goa Lowo akan terus dikembangkan guna menjadikan Tegalrejo sebagai destinasi wisata unggulan yang terdapat di Kotabaru dan wilayah Kalimantan Selatan

Exit mobile version