Tangani Sampah Berserakan, Pemdes Gadingmangu Gelar Kerja Bakti Massal

Kades Gadingmangu M Golkar membersihkan sampah di pinggir jalan bersama stakeholder terkait dan masyarakat. Sumber : Ainul Hafidz/Radar Jombang
Kades Gadingmangu M Golkar membersihkan sampah di pinggir jalan bersama stakeholder terkait dan masyarakat. Sumber : Ainul Hafidz/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Gadingmangu, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, menunjukkan keseriusannya dalam menangani persoalan sampah berserakan dengan mengadakan kerja bakti massal. Kegiatan ini melibatkan seluruh elemen masyarakat, termasuk Pondok Pesantren (Ponpes) Gadingmangu, dan bertujuan menciptakan lingkungan desa yang bersih dan asri.

”Jadi, mulai pagi tadi (kemarin) masyarakat bersama dengan warga Pondok Pesantren Gadingmangu kerja bakti di lingkungan desa,” kata Kepala Desa Gadingmangu M Golkar. Jum’at (30/8/2024).

Golkar menjelaskan bahwa persoalan sampah jadi perhatian serius bagi Pemdes. Menurutnya, Kerja bakti dimulai pukul 06.00. Seluruh masyarakat ambil bagian dalam bersih-bersih desa itu. Beberapa titik jadi fokus, yakni sampah-sampah di sepanjang jalan.

”Kita bersihkan, dan diangkat serta dibakar di tempat penampungan terakhir,” imbuh dia.

Upaya ini dilakukan sebagai langkah pemdes untuk menciptakan lingkungan desa yang bersih dan asri. Golkar menekankan pentingnya menjaga kebersihan di tempat-tempat umum dan pinggir jalan agar tidak menjadi lokasi pembuangan sampah liar.

”Jadi, kami berusaha agar tempat-tempat umum ataupun pinggir jalan bersih, tidak jadi tempat pembuangan sampah lagi,” kata Golkar.

Untuk menciptakan lingkungan desa yang bersih butuh support dari seluruh elemen masyarakat. Selain menggiatkan kerja bakti, tak kalah penting membangun kesadaran warga agar tidak membuang sampah di sembarang tempat.

”Karena itu, kami mengapresiasi kegiatan kerja bakti ini. Warga juga semakin sadar akan kebersihan lingkungan sekitar,” tutur dia.

Kerja bakti ini juga berhasil mempererat kerukunan antarwarga, karena semua masyarakat terlibat sejak pagi membersihkan lingkungan masing-masing.

”Karena semua masyarakat terlibat, sejak pagi membersihkan lingkungan masing-masing,” ujar Golkar.

Golkar berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

”Serta sinergi ini akan terus terjalin,” kata Golkar.
Sebagai informasi bahwa Desa Gadingmangu terdiri empat dusun. Meliputi Dusun Gading, Mlaten, Bace, dan Dusun Mangu yang semuanya terlibat aktif dalam kegiatan kerja bakti ini.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *