Site icon Kolom Desa

Perdana! Desa Sambiroto dan Campurejo Panen Padi Organik

Panen perdana padi organik PPM Pertamina EP Sukowati Field bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta terkait lainnya. Sumber : ist/Zuhriansyah

Panen perdana padi organik PPM Pertamina EP Sukowati Field bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta terkait lainnya. Sumber : ist/Zuhriansyah

Kolomdesa.com, Bojonegoro – Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, dan Desa Campurejo, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, merayakan suksesnya panen perdana padi organik yang merupakan hasil dari replikasi program pertanian organik di wilayah tersebut.

Kepala Desa Sambiroto, Gunawan Wibisono menyampaikan apresiasinya kepada PEP Sukowati Field yang telah membina petani di Sambiroto untuk mewujudkan pertanian organik yang lebih produktif, sehat dan ramah lingkungan.

“Kedepan akan kita tingkatkan dimana desa juga akan ikut mendampingi. Kami merasakan hasil panen yang luar biasa dan semangat warga juga sangat baik,” ucap Kepala Desa Sambiroto, Gunawan Wibisono, Rabu (28/08/2024).

Program pertanian organik yang dipelopori oleh PEP Sukowati Field ini telah membantu kelompok tani di Desa Sambiroto untuk memproduksi pupuk organik dan menanam padi dengan metode organik yang lebih produktif, sehat, dan ramah lingkungan. Hasil panen perdana ini menunjukkan ubinan sebanyak 4 kg atau rata-rata 6,4 ton per hektar, setara dengan produksi padi pada lahan konvensional yang menggunakan bahan kimia.

Sementara itu, Retno Budi Widyanti mengapresiasi kepada PEP Sukowati Field yang telah melaksanakan program pertanian organik untuk mendukung ketahanan pangan di Bojonegoro.

Program ini merupakan pelopor program pertanian organik di Bojonegoro. Dinas pertanian merasa terbantu dengan adanya program pertanian organik binaan Pertamina Sukowati Field itu.

“Kami berharap kedepannya semakin banyak petani yang mendapat pelatihan serupa sehingga pertanian organik di Kabupaten Bojonegoro semakin luas,” kata Retno Budi Widyanti.

Majuri, perwakilan kelompok tani sekaligus pelaku Pertanian Organik Desa Sambiroto, merasa puas dengan hasil panen perdana ini dan bertekad untuk melanjutkan sistem pertanian organik pada musim tanam berikutnya.

“Saya perwakilan dari petani di Desa Sambiroto khususnya pelaku organik menyampaikan terimakasih kepada Pertamina EP Sukowati Field yang telah mendampingi kami di pertanian organik ini,” ungkapnya.

“Hasil panen pada tanam perdana ini cukup baik dan di musim kedua nanti kami berharap akan lebih baik lagi,” lanjut Majuri.

Sementara Manager Sukowati Field, Arif Rahman Hakim menyatakan bahwa pihkanya berkomitmen untuk selalu mengedepankan aspek kebermanfaatan kepada masyarakat khususnya wilayah Ring 1 perusahaan.

Program Integrated Farming System atau Pertanian Organik ini menjadi salah satu bukti kebermanfaatan yang diberikan oleh perusahaan. Selain meningkatkan produksi padi, program ini juga berperan sebagai perbaikan lahan pertanian yang sudah terkontaminasi bahan kimia dalam waktu panjang.

“PEP Sukowati Field selain menjalankan tugas sebagai pendukung ketersediaan energi nasional juga berupaya memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada pemangku kepentingan, salah satunya berkontribusi memajukan sektor pertanian di Bojonegoro,” tandasnya.

Untuk diketahui, melalui Program Integrated Farming System ini, PEP Sukowati Field juga berkontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Tujuan 1, yakni Tanpa Kelaparan dan Tujuan 15, Ekosistem Daratan.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Exit mobile version