Site icon Kolom Desa

Desa Karta Mulia Terpilih sebagai Desa Cinta Statistik

Penjabat Bupati Sukamara Rendy Lesmana mensosialisasikan dan mencanangkan Desa Karta Mulia sebagai Desa Cantik (Desa Cinta Statistik).

Penjabat Bupati Sukamara Rendy Lesmana mensosialisasikan dan mencanangkan Desa Karta Mulia sebagai Desa Cantik (Desa Cinta Statistik). Sumber: HO-Diskominfo Sukamara

Kolomdesa.com, Sukamara – Desa Karta Mulia Kecamatan Sukamara berhasil terpilih menjadi Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dan resmi dicanangkan. Hal tersbut disampaikan oleh Penjabat Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah.

“Pencanangan Program Desa Cantik ini merupakan awal yang baik untuk mewujudkan data berkualitas pada tingkat desa/kelurahan,” katanya Penjabat Bupati Sukamara, Rendy Lesmana, Rabu (28/08/2024).

Rendy berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi desa lainnya. Sehingga semua nantinya menjadi desa yang cinta dan sadar tentang pentingnya statistik bagi pembangunan desanya.

Rendy juga mengatakan bahwa peran desa sangatlah penting yakni sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan Indonesia. Namun, pada kenyataannya saat ini desa masih menjadi objek dalam pengelolaan dan pemanfaatan data.

“Seperti yang pernah disampaikan Bapak Presiden kita, yakni guna mewujudkan Indonesia yang satu, kita juga harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata, membangun Indonesia-sentris dengan membangun dari pinggiran, dari desa, dari pulau terdepan hingga perbatasan,” jelas Rendy.

Rendy mengungkapkan bahwa hal ini dibuktikan dengan dua hal, yakni berbagai data dikumpulkan di desa oleh berbagai k/l. Akan tetapi tidak semua meninggalkan jejak data dan tidak saling terhubung.

Selain itu, desa belum cukup mampu untuk menghasilkan, mengelola, dan mendapatkan manfaat dari data yang ada di desa.

“Saat ini banyak data yang dikumpulkan di desa, baik yang dilaksanakan oleh kementerian hingga pendataan yang dilakukan pemerintah daerah,” terangnya.

Di antaranya, Sipades, monografi desa, prodeskel, siak registrasi penduduk dari Kemendagri, e-sakip desa, sid, sipbm dan sdgs desa dari Kemendesa, serta banyak lainnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Exit mobile version