Program KIM Digelar di Desa Monano

Focus Group Discussion (FGD) saat pelatihan KIM di Desa Monano: Sumber: gopos.id
Focus Group Discussion (FGD) saat pelatihan KIM di Desa Monano: Sumber: gopos.id

Kolomdesa.com, Gorontalo Utara -Program Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gorontalo Utara digelar di Desa Monano, Kecamatan Monano. Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatan keahlian dalam dunia digital.

“Kegiatan ini penting dilakukan agar peserta memiliki keahlian dalam dunia digital, terlebih setiap daerah memiliki tugas mengelola sistem informasi daerah masing-masing,” ucap Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Gorontalo Utara, Muhammad Taufik Asnawi, Sabtu (24/08/2024).

Menurut Taufik, pelatihan yang dilakukan nantinya bertujuan untuk melatih perangkat desa, terutama bagian informasi. Hal ini penting karena keterbukaan publik terkait dengan desa perlu dilakukan di era saat ini.

“Nantinya Kelompok Informasi Masyarakat di Desa Monano akan mendapat tugas khusus untuk memberikan informasi kepada khalayak, sehingga informasi public dapat diakses dengan mudah,” tutur Taufik.

Taufik menjelaskan, pelatihan KIM yang dilaksanakan di Desa Monano ini merupakan bentuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, SDM yang terlatih akan meningkatkan dan mempercepat pembangunan.

“Ini sangat penting dilaksanakan guna mendukung pembangunan di daerah dengan meningkatkan pemberdayaan KIM,” katanya.

Taufik juga menjelaskan, adanya KIM di desa-desa terutama di Desa Monano merupakan bentuk kepanjangan tangan dari pemerintah desa. Keberadaan KIM diharapkan mampu memberi informasi pembangunan dan perkembangan desa dengan baik.

“Dengan adanya KIM, Informasi mengenai pembangunan dan perkembangan desa dapat diketahui dengan jelas dan masyarakat yang membaca akan merasa bangga,” jelasnya.

Taufik mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Monano, karena telah mengadakan pelatihan yang strategis. Menurutnya, tanpa bantuan dari desa, pencetakan kader melek digital akan sulit merata.

“Apresiasi kami berikan terutama kepada Kepala Desa Monano lantaran sudah membuat dan mengalokasikan anggaran untuk pelatihan dan peningkatan KIM,” ungkap Taufik.

Taufik berharap, anggota KIM yang ada di Desa Monano nantinya akan berjalan sesuai dengan pemerintah. Saat bekerja, informasi yang disajikan positif dengan budaya yang tinggi.

“Pelatihan KIM ini merupakan awal, agar anggota KIM nantinya dapat berjalan sesuai rencana dengan menyajikan promosi dan informasi kepada Masyarakat melalui media social,” pungkasnya.

Penulis : Fuji
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *