Pemdes Gebangbunder Sukses Tingkatkan Infrastruktur JUT di Dusun Gebang

TPK Desa Gebangbunder saat menuntaskan pelebaran akses jalan masuk menuju JUT di Dusun Gebang. Sumber : Dwi Aris S/Radar Jombang
TPK Desa Gebangbunder saat menuntaskan pelebaran akses jalan masuk menuju JUT di Dusun Gebang. Sumber : Dwi Aris S/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Gebangbunder, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, telah berhasil meningkatkan infrastruktur jalan di wilayahnya dengan merealisasikan pembangunan jalan usaha tani (JUT) di Dusun Gebang. Pembangunan jalan ini didanai oleh bantuan keuangan (BK) dan telah selesai dikerjakan tahun ini.

”Alhamdulillah proyeknya sudah rampung dikerjakan, dan masyarakat terutama petani sangat senang sekali,” ungkap Kepala Desa Gebangbunder Basuki, (26/8/2024).

Kepala Desa Gebangbunder, Basuki, menyatakan bahwa proyek tersebut telah rampung dan disambut dengan antusiasme oleh masyarakat, terutama para petani. Sebelum dibangun, kondisi akses jalan petani menuju sawah tak mulus. Bahkan saat hujan jalan alternatif menuju wilayah Desa Jatimlerek dipenuhi genangan air.

”Sekarang setelah dirabat jalannya sudah mulus. Panjangnya mencapai 200 meter dan lebar 2,5 meter.

Selain banyak membantu petani, akses jalan tersebut juga merupakan ajalan alternatif menuju desa tetangga, tambahnya.

”Jalan tersebut juga dapat menjadi jalan alternatif bagi akses warga menuju Desa Jatimlerek,” imbuhnya.

Ia berharap, jalan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh petani dan warga pada umumnya. Pembangunan infrastruktur jalan diharapkan juga berdampak pada meningkatnya produktivitas hasil pertanian juga perekonomian masyarakat.

”Keberadaan JUT sangat memudahkan para petani selama masa tanam, perawatan sehari-hari hingga masa panen,” tambah Basuki.

Menurut Basuki, Desa Gebangbunder memiliki empat dusun, yakni Dusun Gebang, Binorong, Jatisari, dan Dusun Bunder. Dengan cakupan wilayah yang tergolong luas dan mayoritas merupakan lahan pertanian. Pembangunan JUT menjadi dasar utama pemenuhan kebutuhan masyarakat desa terutama petani.

”Pembangunan JUT tersebut juga merupakan salah satu bentuk realisasi pemdes terhadap program ketahanan pangan di Desa Gebangbunder,” pungkasnya.

Penulis : Moh. Mualim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *