Pemdes Lalang Jaya Deklarasi STBM

Deklarasi STBM oleh Desa Lalang Jaya. Sumber: Istimewa
Deklarasi STBM oleh Desa Lalang Jaya. Sumber: Istimewa

Kolomdesa, Belitung Timur – Desa Lalang Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, menjadi desa ke-3 yang mendeklarasikan Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Deklarasi ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19 yang membatasi perkumpulan masyarakat pada tahun 2020 lalu.

“Deklarasi ini memang rencana dari Desa Lalang Jaya yaitu rencananya waktu itu tahun 2020. Dikarenakan Covid sehingga sempat tertunda, jadi sampai saat ini kita baru bisa untuk melaksanakan deklarasi,” kata Kepala Desa Lalang Jaya, Artono, Rabu (21/8/2024).

Ia menjelaskan, deklarasi STBM di desanya bukan sekadar seremonial, namun sudah diawali di lingkungan rumah tangga dan masyarakat. Lebih dari itu, deklarasi diharapkan mampu menjaga komitmen secara terus menerus bersama para pihak terkait lainnya.

“Jadi bukan sekadar melaksanakan deklarasi selesai. Adapun dalam melaksanakan deklarasi, dari pihak-pihak terkait seperti Puskesmas dan Dinas kesehatan yang ada dengan komitmen yang akan kita capai di Desa Lalang Jaya,” tutupnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *