Site icon Kolom Desa

Balai Peresmian Mandalika Desa Rembitan Alami Karhutla

Karhutla terjadi di perbukitan Balai Peresmian Mandalika, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Karhutla terjadi di perbukitan Balai Peresmian Mandalika, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Sumber: istimewa

Kolomdesa.com, Lomnok Tengah – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di perbukitan Balai Peresmian Mandalika, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Rabu (21/8/2024).

Api nampak telah menyebar mengelilingi lahan perbukitan seluas 9 hektar milik Balai Persemaian Mandalika.

“Lahan perbukitan tersebut banyak ditanami tanaman kayu putih (Melalauca leucadendron Lin) dan sebagian ikut terbakar,” kata Kapolsek Pujut Iptu Kalimantan, Jaya.

Ia mengatakan, pihaknya mendapat informasi setelah adanya laporan dari kepala desa Rembitan. Kemudian pihaknya langsung ke TKP, selanjutnya melakukan kordinasi dengan Dinas Damkar untuk membantu melakukan pemadaman guna menghindari terjadinya kebakaran yang lebih luas.

“Setelah kami melakukan pemadaman api kurang lebih 2 jam, tepatnya sekitar pukul 17.15 Wita kobaran api berhasil di padamkan tim gabungan,” terangnya.

Jaya mengungkapkan, awal terjadinya kebakaran tersebut diketahui oleh dua orang security yang berjaga di Balai Persemaian Mandalika. Sedangkan menurut keterangan saksi awal titik api datang dari sebelah selatan lahan perbukitan yang mana pada pinggir perbukitan sebelah selatan terdapat jalan tanah sebagai akses warga.

“Saat ini pihaknya masih belum bisa menentukan penyebab terjadinya kebakaran lahan perbukitan tersebut,” ungkapnya.

Selanjutnya, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyalakan api sembarangan di lahan perbukitan, mengingat cuaca saat ini yang begitu panas sehingga api bisa cepat meluas sehingga dapat membahayakan masyarakat sekitar.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Exit mobile version