Sebanyak 19 Desa di Kolut Terima Bantuan Mobil Sekolah

Keterangan : Penyerahan simbolis replika kunci mobil oleh Pj Bupati Kolut kepada Kepala Desa Mataleuno. Sumber : timurterkini.com
Keterangan : Penyerahan simbolis replika kunci mobil oleh Pj Bupati Kolut kepada Kepala Desa Mataleuno. Sumber : timurterkini.com

Kolomdesa.com, Kolaka Utara – Sejumlah 19 desa di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menerima bantuan mobil sekolah dari Pemkab setempat. Penyerahan tersebut diberikan langsung oleh Pj Bupati Komut, Sukanto Toding, di Alun-alun Kirambu.

“Desa desa yang mendapat bantuan [ada kesempatan saat ini berjumlah 19 diantaranya Desa Koroha, Kalu-kaluku, Lametuna, Maruge, Ujung Tobaku, Tetebao, Delang-delang, Mataleuno dan yang lainnya,” kata Sukanto, Sabtu (17/8/2024).

Dalam penyerahan properti kunci mobil yang dilakukan secara simbolis itu, Pj Bupati Komut didampingi oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka, Muhammad Idrus. Sukanto menjelaskan tujuan dari pemberian bantuan mobil sekolah untuk menjemput siswa saat berangkat sekolah.

“Kepada Pak Kades, saya ingin mengingatkan terkait dengan bantuan mobil sekolah ini yang utama untuk menjemput siswa berangkat sekolah,” ucap Sukanto.

Menurut Sukanto, mobil tidak diperbolehkan untuk digunakan untuk kepentingan pribadi. Hanya saja, ia mentolerir jika sudah menjemput siswa berangkat ke sekolah, dapat digunakan untuk menunjang kegiatan pendidikan lainnya.

“Mobil nantinya juga dapat digunakan untuk kegiatan yang masih ada kaitannya dengan kegiatan sekolah,” lanjut Sukanto.

Sebagai pengingat, mobil sekolah yang diserahkan ke setiap sekolah di desa itu sudah dilengkapi stiker. Stiker yang melekat di body mobil bertuliskan tujuan dari adanya bantuan tersebut.

“Bus sekolah sudah diberi label di body mobil dengan tulisan Bus Sekolah Gratis,” bebernya.

Sementara itu, Kadis Dikbud Kabupaten Kolaka Utara, Muhammad Idrus bersyukur atas suksesnya pemberian bantuan mobil sekolah ke tiap desa. Ia menjelaskan 78 dari 127 desa di Kabupaten Kolaka Utara telah mendapat bantuan mobil.

“Desa yang belum dapat bantuan serupa, akan diikutkan pada program tahun depan. 30 Desa yang belum mendapat bantuan mobil sekolah tahun depan akan kita berikan,” imbuh Idrus.

Idrus berpesan, kepada desa yang sudah dapat bantuan agar menjaganya dengan baik.

“Saya berpesan kepada Kepala Desa Koroha, Kalu-kaluku, Lametuna, Maruge, Ujung Tobaku dan lainnya untuk disambung ke pihak sekolah semoga dapat menggunakan dan merawat mobilnya dengan baik,” pungkas Idrus.

Penulis : Fuji
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *