Panaikang Lolos Lomba Desa Prestasi Tingkat Regional

Keterangan : Rapat koordinasi antara DPMD dan Pemkab Sinjai guna memberi dukungan maksimal untuk Desa Panaikang mengikuti Lomba Desa Prestasi Regional 3. Sumber: jendelasatu.com
Keterangan : Rapat koordinasi antara DPMD dan Pemkab Sinjai guna memberi dukungan maksimal untuk Desa Panaikang mengikuti Lomba Desa Prestasi Regional 3. Sumber: jendelasatu.com

Kolomdesa.com, Gowa – Desa Panaikang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa lolos lomba desa prestasi tingkat regional. Pelaksanaan penilaian oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) rencananya akan dilakukan di Pantai Mallenreng, Sinjai Timur pada 25 Agustus 2024 mendatang.

“Nanti akan dilakukan penilaian lapangan pada akhir Agustus, tepatnya tanggal 25,” kata Sekretaris Daerah Sinjai, Andi Jefrianto, Senin (19/8/2024).

Sebagai persiapan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai, bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) melaksanakan rapat koordinasi. Kegiatan ini dilaksanakan guna mendapat hasil yang maksimal saat pelaksanaan lomba desa berprestasi.

“Rapat kali ini terkait dengan persiapan pelaksanaan dan klarifikasi penjaringan desa, dan kelurahan,” ucap Andi.

Andi menjelaskan kegiatan rapat koordinasi ini penting lantaran untuk memastikan data dan administrasi desa yang sudah lolos lomba tingkat regional sesuai. Selain itu, potensi yang dimiliki desa terpilih itu juga dapat dimaksimalkan.

“Rapat membahas mengenai kesesuaian data dan penggalian potensi desa terpilih agar lebih maksimal,” sambungnya.

Andi menyebut, Desa Panaikang sebagai desa terpilih yang mewakili SulawesI Selatan datanya perlu diperbaharui. Hal ini bertujuan agar saat penilaian sesuai dengan kondisi dilapangan.

“Sebagaimana kita ketahui, penilaian yang ketat sehingga data yang kita kirim ke pihak panitia harus sesuai dengan kondisi riilnya,” beber Andi.

Sementera itu, perwakilan Dinas PMD Kabupaten Sinjai Yuhadi Samad sudah menyiapkan segala hal yang perlu dibutuhkan dahulu. Menurutnya, data yang harus diketahui dan dimaksimalkan agar dinilai sempurna tidak jauh dari selama ini perangkat desa urus.

“Penilaian nanti itu masih berkenaan dengan pembangunan desa, kesejahteraan masyarakat, tata kelola pemerintahan desa, penguatan aparatur , dan pelestarian budaya dan adat, serta keamanan dan ketertiban,” jelas Yuhadi.

Sebagai informasi, Desa Panaikang yang masuk dalam regional 3 harus bersaing dengan desa di seluruh Sulawesi dan Kalimantan. Jika berhasil juara, maka otomatis akan melaju ke tingkat berikutnya.

“Harapan kami, Desa Panaikang dapat juara satu dalam lomba Desa Prestasi tingkat regional tahun 2024 ini, “ pungkas Yuhadi.

Penulis : Fuji
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *