Jaga Kebersihan Lingkungan, Pemdes Tanah Bumbu Sosialisasi BSU

Sosialisasi tata cara pemilahan sampah sekaligus pembentukan dan keaktifan bank sampah unit (BSU) skala desa.
Sosialisasi tata cara pemilahan sampah sekaligus pembentukan dan keaktifan bank sampah unit (BSU) skala desa. Sumber: DLH Kotabaru

Kolomdesa.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Desa Wiritas, Kabupaten Tanah bumbu menggelar acara sosialisasi tata cara pemilahan sampah sekaligus pembentukan dan keaktifan bank sampah unit (BSU) skala desa.

Sosialisasi yang digelar di kantor desa Wiritasi Kecamatan Kusan Hilir itu bertujuan menjaga kebersihan lingkungan desa setempat dan sekitarnya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah agar dapat memberikan edukasi kepada warga betapa pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan. Salah satunya melalui upaya pengurangan sampah, mengingat lokasi wilayah desa Wiritasi terletak di sepanjang pesisir pantai pagatan,” Kata Kepala Desa Wiritasi, Abdul Razak, Selasa (20/08/2024).

Razak mengatakan bahwa kegiatan ini jika dilakukan konsisten maka akan berdampak baik bagi lingkungan sekitar. Sehingga diharapkan ada perubahan perilaku masyarakat yang akan lebih sadar dan peduli terhadap kebersihan.

Selain itu, untuk meminimalisir pembuangan sampah sembarangan. Termasuk di area pesisir pantai, sekaligus menjadi sirkular ekonomi bagi masyarakat dari hasil penjualan sampah terpilahnya.

“Lokasi bank sampah unit Desa Wiritasi “Peduli Pesisir” terletak di RT 4 yang dikelola oleh ibu-ibu kder PKK dan Posyandu desa,” ungkapnya.

Sebagai infromasi, masyarakat semakin antusias dalam hal pengurangan sampah dengan pembentukan BSU skala desa yang dikoordinir oleh pemerintah desa dan dibawah monitoring Kecamatan serta pembinaan dari DLH, sehingga diharapkan dapat meningkatkan capaian target pengurangan sampah di Kabupaten Tanah Bumbu.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *