Pemdes Sigapiton Gelar Pesta Rakyat dan Solu Kano

Suasana lomba Solu Kano di Desa Sigapiton. Sumber: Istimewa
Suasana lomba Solu Kano di Desa Sigapiton. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Toba – Pemerintah Desa Sigapiton, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara menggelar pesta rakyat dan sejumlah kegiatan diantaranya solu kano. Pesta rakyat dan perlombaan solu kano yang dilaksanakan itu sekaligus mempererat silaturahim antar warga desa.

“Kemudian, lomba solu kano ini untuk menghidupkan kembali budaya masyarakat Danau Toba yang menggunakan Solu (sampan) untuk melakukan transportasi dan kegiatan diatas air Danau,” kata Kepala Desa Sigapiton, Hisar Butar-butar, Kamis (15/8/2024).

Ia menjelaskan, lomba solu kano ini dibagi dalam beberapa kategori, seperti kategori pria, suami-istri, anak-anak, antar kepala desa, serta dirangkai dengan lomba renang untuk anak-anak.

“Semoga kegiatan ini bisa membangkitkan kembali semangat pariwisata di Danau Toba,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy Panjaitan mengapresiasi kegiatan lomba Solu Kano Kemerdekaan RI yang dilaksanakan masyarakat Desa Sigapiton.

“Kami berharap kegiatan ini mampu merangsang masyarakat untuk menjaga lingkungan dan memperbanyak atraksi di danau untuk menciptakan atmosfer pariwisata,” tutup Jimmy.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *